101 Mahasiswa ikut program RPL di UNG

RPL UNG

READ.ID – Universitas Negeri Gorontalo menjadi salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan program Rekognisi Pendidikan Lampau (RPL), program yang digagas oleh Direktorat Belmawa Kemendikbud ristek ini diikuti oleh 101 mahasiswa.

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Mewakili rektor UNG Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, menerima langsung seluruh mahasiswa uang terdaftar pada program RPl di UNG.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, Karena persyaratan ikut program ini sangat ketat dan hanya yang terpilih berdasarkan penilaian bisa diterima ikut program RPL” ungkap Harto malik pada sambutannya.

Sementara itu Pengelola RPL UNG Dr. Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si, mengukapkan, RPL merupakan program pengakuan atas capaian pembelajaran, melalui pendekatan formal, nonformal, informal dan atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

“Jumlah program studi (Prodi) di UNG yang terlibat dalam program ini sebanyak 13 prodi yang terdiri dari program sarjana dan magister” ungkap Harto Malik.

Menurut Dr. Muchtar, ini menjadi amanah yang harus dilaksanakan ketika UNG menjadi salah satu perguruan tinggi negeri/swasta yang diberikan izin Direktorat Belmawa untuk menyelenggarakan program RPL.

“Harapannya dengan adanya program ini, individu yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan diploma, sarjana dan magister yang sudah bekerja, dapat melanjutkan pendidikan. Nantinya capaian ketika bekerja dapat diakui sebagai kredit sehingga mahasiswa tidak perlu lagi mengulang kuliah dari awal,” pungkasnya