12 November Merupakan Peringatan Hari Ayah Nasional, Yuk Simak Sejarahnya!

Hari Ayah

READ.ID – 12 November adalah hari untuk menghormati otoritas dan jasa ayah di Kehidupan.

pahlawan

Namun hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November bukanlah hari libur pemerintah di Indonesia, artinya hari ayah tidak tercantum dalam kalender dan juga tidak ada tanggal merah alias libur.

Perayaan hari ayah 12 November Biasanya diadakan bersama anggota keluarga, semua anggota mengungkapkan rasa terima kasih kepada ayah yang telah memuliki jasa untuk mencarikan nafkah juga sebagai tulang punggung keluarga.

Sejarah 12 November Sebagai Hari Ayah Nasional

Tepat pada tahun 2014 lali, PPIP merayakan Hari Ibu dengan mengadakan lomba menulis puisi ibu yang diikuti dengan banyak peserta. Lomba ini menuai banyak komentar positif karena dengan lomba tersebut sudah tercipta 70 surat terbaik. Hal ini lalu di bacakan dengan meriah oleh kumpulan siswa SD, SMP, SMA sampai mahasiswa serta masyarakat umum.

Usai acara, panitia justru mendapat pertanyaan dari para hadirin. Misalnya: “Kapan lomba menulis untuk Ayah? Kapan Hari Ayah? Kami pasti akan kembali.” Pertanyaan yang diajukan PPIP untuk mencari tahu tentang Hari Ayah di Indonesia sangat menginspirasi.

Kapan Hari Ayah di Indonesia? Jika belum ditetapkan sebagai Hari Ayah, Apakah seseorang atau organisasi mana pun mengizinkan suatu hari ditetapkan sebagai Hari Ayah? Namun, saat itu, PPIP belum menemukan solusi yang memuaskan. Setelah melalui banyak pertimbangan, Indonesia akhirnya mendeklarasikan Hari Ayah dan mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah Nasional.

Pada pukul satu hari itu, proklamasi Hari Ayah diumumkan di Maumere, Flores, NTT Pengumuman itu juga termasuk sebuah pameran peluncuran buku baru yang berjudul “Kenangan untuk Ayah” yang berisi 100 surat dari anak-anak Indonesia yang menyelesaikan lomba menulis surat untuk ayah mereka.

Usai pengumuman, mereka meletakkan buku dan proklamasi Hari Ayah bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan empat pelosok Indonesia, Sabang, Merauke; Dikirim ke Sangir Talaud dan Kepulauan Rote. Oleh sebab itu, di tetapkanlah tanggal 12 November sebagai acara tahunan yakni hari ayah.

Sejarah Hari Ayah Sedunia di Seluruh Dunia

Amerika Serikat dan Kanada; Jerman Italia Jepang Belanda Turki pakistan Malaysia Singapura Taiwan Filipina Hari Ayah dirayakan untuk ketiga kalinya pada hari Minggu di lebih dari 75 negara lain, termasuk Hong Kong. Setiap 21 Juni.

Hari Ayah telah dirayakan di seluruh dunia sejak awal abad ke-12. Family Day biasanya dirayakan dengan memberikan hadiah Hari Ayah. Sang ayah sendirilah yang menjadi tulang punggung dan dukungan bagi istri dan anak-anaknya dalam sebuah keluarga. Dia adalah pelindung dari sebuah keluarga kecil yang sangat harmonis.

Sementara itu, Negara Eropa dan Timur tengah kerap sering dan juga membiasakan untuk merayakan hari laki-laki Internasional atau International Men’s Day yang kerap mereka rayakan setiap tanggal 19 November. Hari Pria yang dirayakan di seluruh dunia ini membawa nilai-nilai positif yang dibawakan laki-laki di keluarga, komunitas, dan dimasyarakatnya sehingga Ayah dipandang sebagai panutan positif dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Jadi kesimpulannya, hari ayah nasional dirayakan setiap tanggal 12 November, hari ayah muncul di Indonesia Ketika banyak komentar positif yang di lontarkan pada tahun 2014 saat PPIP mengadakan lomba menulis surat untuk ibu. Lalu lahirlah hari ayah nasional.

Di tempat lain di luar tanah air, ternyata hari ayah dan peringatan serupa sudah di rayakan terlebih dahulu sejak awal abad ke-12 masehi, mereka menyebutnya hari ayah di negara, Kanada, Turki, Jerman. Sedangkan di bangsa eropa menyebutnya dengan istilah Internasional Men’s day.

Nah itulah Sejarah dan mengapa di Indonesia ada hari ayah nasional 12 November, apakah kalian ter edukasi dengan informasi kami? Tulis pendapat kalian di kolom komentar dan saran kalian, terimakasih.