17 Negara Telah Konfirmasi Akan Hadiri KTT G20

KTT G20

READ.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghubungi langsung tiga negara anggota G20 yang belum terkonfirmasi datang ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Sisanya, sebanyak 17 kepala negara anggota G20 telah konfirmasi kedatangannya ke KTT G20 yang digelar selama dua hari tersebut.

“Tinggal tiga yang belum (konfirmasi hadir). Nanti akan saya telepon untuk mengonfirmasi kedatangan beliau-beliau,” ujar Presiden usai meninjau Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Menurut Presiden Jokowi, kehadiran dari 17 kepala negara dari anggota G20 adalah kehormatan bagi Indonesia. Artinya, negara tersebut menghormati keketuaan Indonesia pada G20 2022, sehingga dapat menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan pada dua pekan lagi.

Apalagi, di tengah maraknya peristiwa ketidakpastian dan krisis global yang menimpa sejumlah negara G20.

“Untuk angka 17-18 (konfirmasi kehadiran pemimpin negara pada G20) itu sudah sebuah angka yang sangat banyak sekali. Dalam keadaan normal pun angka 18, angka 17 sudah banyak sekali,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi mengungkapkan, Presiden Jokowi memimpin rapat persiapan G20. Dalam rapat dibahas segala aspek penyelenggaraan KTT, baik dari sisi logistik, penjadwalan, persidangan atau pertemuan, hingga hasil akhir yang masih terus dinegosiasikan sampai saat ini.

“Kita bicara secara detail, satu per satu, dan dalam minggu ini akan ada beberapa lagi pertemuan dengan Bapak Presiden. Karena sekali lagi, Bapak Presiden ingin memastikan bahwa keketuaan kita, presidensi kita, KTT G20 di bawah presidensi kita insyaallah akan dapat berjalan dengan baik di tengah situasi dunia yang sangat tidak kondusif saat ini. Jadi pekerjaan persiapan yang detail akan terus kita lakukan,” kata Menlu yang dikutip melalui laman setkab.go.id pada Senin (31/10/2022).

Retno menambahkan, hingga saat ini persiapan penyelenggaraan KTT yang akan berlangsung di antara KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja dan KTT APEC di Bangkok, Thailand, berjalan dengan baik.

“Dari pertemuan atau laporan kepada Bapak Presiden dan setelah kita lakukan run-through program secara detail, maka secara keseluruhan, in general, alhamdulillah so far semua persiapan berjalan dengan baik,” ujar Menlu.

Terkait konfirmasi kehadiran para pemimpin G20, Menlu mengungkapkan bahwa hingga saat ini tingkat kehadiran para pemimpin sangat tinggi. Konfirmasi kehadiran juga datang dari dua pemimpin baru negara anggota G20 yaitu Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dan PM Italia Giorgia Meloni.

 

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60