42 lembaga pendidikan terdampak banjir, pemkab Gorontalo lakukan pembenahan

Banjir Gorontalo

READ.ID – Sebanyak 42 lembaga pendidikan di kabupaten Gorontalo terdampak banjir yang cukup parah, beberapa diantaranya merupakan sekolah dasar dengan dampak yang sangat berat. Pemerintah kabupaten Gorontalo segera lakukan pembenahan.

Kadis pendidikan kabupaten Gorontalo, Zubair Pomalingo mengatakan kurang lebih terdapat empat sekolah dasar yang terdampak banjir sangat parah di kawasan kecamatan Limboto barat hingga ke daerah kecamatan Tibawa.

“Pertama SDN 13 Limboto Barat Desa Daenaa, kemarin saya lihat di sana bersama jajaran, Alhamdulillah saat ini dalam tahap pembersihan, dan SDN 1, 10, 12, Tibawa, juga termasuk parah,” ungkapnya, Kamis (11/11/2021)

Ia pun menuturkan pemerintah kabupaten juga telah melakukan identifikasi, dan sudah menyampaikan ke pihak sekolah untuk membersihkannya secara bertahap dan tidak memaksan siswa untuk masuk sekolah, karena kondisi yang dianggapnya belum memungkinkan.

Disamping itu di Kecamatan Tibawa ada beberapa siswa dan guru yang bertempat tinggal dikawasan sekolah terdampak.

“Alhamdulillah kemarin dari pihak kepolisian, Gerakan Pramuka, PMI, dan OPD-OPD sudah turun untuk membantu, dan pembersihan itu sudah bisa capai 50 persen,” kata Zubair Pomalingo

“Tetapi kalau melihat SDN 1 Tibawa itu dengan SDN 16 itu pembersihannya masih butuh 1-2 minggu ke depan agar bisa normal kembali,” lanjutnya

Ia pun menuturkan hal ini dilakukan termasuk untuk pembersihan sarana dan prasarana di lingkungan pendidikan, agar kegiatan belajar mengajar disekolah dapat segera berjalan normal kembali.