45 Ribu Penerima PKH di Kabupaten Blitar Dapat Bantuan di Awal Tahun 2021

PKH Kabupaten Blitar

READ.ID – Kurang lebih 45 ribu penerima program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Blitar kembali mendapat bantuan di awal tahun 2021.

Tujuan dari bantuan yang disalurkan pemerintah melalui dinas sosial tersebut untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

Berdasarkan data yang sudah proses penyelesaian oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar, untuk penerima program keluarga harapan ( PKH ) ada 45.396 penerima di tahun 2021 .

Jumlah tersebut masih bisa bertambah, pasalnya masih ada sejumlah data yang masih harus divalidasi sebagai penerima PKH .

Moch. Asrofi, selaku koordinator PKH Dinsos Kabupaten Blitar mengatakan terdapat proses validasi lagi 8659 yang akan terus disaring persyaratannya. Bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria tersebut dinyatakan gugur.

“Ada beberapa kriteria yang berhak menerima bantuan, pertama masuk dalam kategori keluarga miskin (KM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin,” ucapnya pada media Jumat (15/1/2021).

kedua, kata dia, dalam keluarga tersebut juga harus memiliki komponen anggota keluarga yang termasuk dalam daftar penerima bantuan.

Itu mulai dari ibu hamil, penyandang disabilitas, lansia, anak sekolah, dan besaran bantuan yang di terima berbeda-beda setiap komponennya.

“Ibu hamil dan anak usia dini mendapatkan bantuan Rp 3 juta per 1 tahun, penyandang disabilitas dan lansia mendapat Rp2,4 juta per 1 tahun, pelajar SD/sederajat Rp900.000 per 1 tahun, pelajar SMP/sederajat Rp 1,5 juta per 1 tahun, dan pelajar SMA/sederajat Rp 2 juta per 1 tahun,” jelasnya.

Bantuan akan disalurkan secara langsung melalui bank-bank dalam himpunan bank negara (Himbara)  dengan melalui 4 tahap.

“Bantuan nanti akan disalurkan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober, setelah proses validasi yang dilakukan dinyatakan selesai,” pungkasnya.

(Didik/Read)