5 Rumah Warga di Talumolo Rusak Dihantam Arus Sungai

Rumah Talumolo Rusak

READ.ID – 5 rumah warga di Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo rusak dihantam arus sungai Bone yang meluap akibat hujan deras yang terjadi Kamis (11/6/2020) kemarin.

Dari pantauan Read.id, lima rumah rusak tersebut berada di bantaran sungai Bone atau tepatnya berada tidak jauh dari jembatan Talumolo.

Ketua Rukun Warga (RW) 4 Kelurahan Talumolo, Abdul Latif Lahay menjelaskan, hantaman arus sungai menyebabkan dapur maupun kamar di lima rumah tersebut ambruk.

“Kondisi rumah-rumah itu cukup parah. Ada sejumlah kamar dan dapur yang roboh, bahkan ada kulkas mesin cuci dan kursi yang hanyut. Ini karena air yang deras sejak kamis sore sampai malam. Sehingga tanggul sungai itu jebol dan langsung menghantam rumah,” ungkap Abdul Latif saat diwawancarai, Jumat (12/6).

Kata Abdul, pihak pemerintah Kelurahan saat ini masih sementara mendata pemilik lima rumah tersebut dan nantinya akan dilaporkan ke pemerintah Kota Gorontalo.

Ia juga mengungkapkan, untuk wilayah RW 4 sendiri ada sekitar 33 rumah yang terdampak banjir. Saat ini banjir sudah surut dan warga mulai membersihkan rumahnya dari lumpur.

“Ada sekitar 33 rumah yang terdampak banjir disini. Kami saat ini masih mendata rumah-rumah yang rusak maupun rumah yang terdampak banjir.¬†Sementara untuk bantuan makanan siap saji, sudah mulai kami persiapkan untuk dibagikan ke warga,” pungkas Abdul. (Wahyono/RL/Read)