KPU Gorontalo Utara Selesaikan Coklit Data Pemilih Pilkada

KPU Gorut Selesai Coklit Data Pemilih Pilkada

READ.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara telah menyelesaikan 100% tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024 di 245 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 123 desa di 11 wilayah kecamatan.

Saat ini, KPU tengah melakukan evaluasi terhadap data yang telah dikumpulkan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).


banner 468x60

“Saat ini kami sementara melakukan evaluasi dan supervisi data hasil coklit yang ada di tangan para petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih),” kata Komisioner KPU Gorontalo Utara Yudhistirah, Jumat (5/7)

Petugas KPU mendatangi langsung para pantarlih untuk memeriksa secara detail data yang telah dikumpulkan.

“Model evaluasinya, kami datang memeriksa satu per satu data hasil coklit yang ada pada pantarlih. Kami pastikan aturan memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) ataupun pengelompokan pemilih disabilitas agar benar-benar tepat dilakukan,” katanya.

Tujuannya adalah untuk memastikan data pemilih yang akan digunakan dalam Pilkada 2024 benar-benar akurat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami (KPU) ingin memastikan data pemilih yang nantinya menjadi acuan pelaksanaan pilkada benar-benar baik dan sesuai dengan amanah PKPU,” katanya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90