banner 468x60

Ritual Siraman Gong Kyai Pradah di Blitar Berlangsung Sederhana

READ.ID – Siraman Gong Kyai Pradah di Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, merupakan satu di antara aset budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Blitar.

Budaya ini telah dilaksanakan turun temurun. Bukan saja disakiskan warga lokal, namun juga warga dari luar Blitar.

“Budaya ini harus terus dilestarikan, namun karena masih dalam masa pandemi Covid-19, jamasan Kyai Pradah dilaksanakan secara sederhana,” ucap Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso, usai pelaksanaan jamasan.

Rahmad menuturkan, ritual jamasan Gong Kyai Pradah tidak seperti biasanya, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, maka diadakan dengan sederhana, dengan mennaati protokol kesehatan ketat.

“Dan yang pasti kita mohon dengan adanya ritual ini, Kabupaten Blitar Jaya kembali gemah ripah loh jinawi,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Seperti halnya Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, pada saat yang sama menjelaskan, Siraman Kyai Pradah merupakan ritual yang diadakan setiap tahun, namun tahun ini berbeda, karena suasana Pandemi.

“Masyarakat tetap antusias, kita berharap dengan ritual ini rasa peduli antar sesama terus di pupuk, dan dibangun, pandemi ini menuntut semua harus gotong-royong.

Ini merupakan sinyal baik, karena kegiatan yang melibatkan warga masyarakat sudah mulai diperbolehkan, walau terbatas tapi tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Harapannya, kondisi di Kabupaten Blitar bisa seperti Kota Blitar yang sedang uji coba penerapan new normal.

“Kita mengharapkan ekonomi terdongkrak naik, berangsur-angsur pulih kembali, kesehatannya terjaga, syarat syarat menjadi normal terpenuhi,” jelasnya.(Adv/Kmf/didik).

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60