banner 468x60

45 Anggota PPK Kenakan Pakaian Adat Saat Pelantikan, Ini Penjelasan Ketua KPU Kota Gorontalo

Anggota PPK

READ.ID – Sebanyak 45 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Gorontalo dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Sukrin Taib, Rabu (4/1/2023).

Menariknya, dalam pelaksanaan pelantikan anggota PPK Kota Gorontalo tersebut, mempunyai penampilan yang unik dan berbeda. Yakni, seluruh para anggota PPK mengenakan pakaian adat daerah Gorontalo saat diambil sumpah oleh Ketua KPU Kota Gorontalo.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin Taib mengungkapkan, bahwa keputusan untuk menggunakan pakaian adat khas Gorontalo saat pelantikan, telah disepakati melalui rapat pleno, yang menggagas agar dalam pelantikan tersebut punya nuansa baru.

Mengingat, kata Sukrin Taib, para anggota PPK adalah penyelenggara pemilu yang merupakan pelaksana ditingkat bawah, maka diharapkan agar interaksi dengan orang lain, seperti anggota partai politik, Bawaslu, maupun masyarakat dapat memperhatikan kearifan lokal.

“Artinya, hal ini untuk menunjukkan ada nilai-nilai luhur masyarakat Gorontalo yang benar-benar mereka harus junjung tinggi dan jaga, sehingga tagline KPU yakni perlu Kasih Sayang dan Harmonis itu tetap terjaga”, ujar Sukrin Taib.

Terakhir, Sukrin Taib pun berharap, dengan adanya penggunaan baju adat yang dipakai oleh anggota PPK dalam pelantikan ini, adalah untuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal, agar proses interaksi antara penyelenggara pemilu dan masyarakat terjalin dengan baik.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60