Aksi Demo Warga Lelato, Tuntut Transparansi Anggaran Bumdes

Warga Desa Lelato

READ.ID – Puluhan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Desa Lelato peduli Bumdes, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Camat Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (10/1/2022).

Mereka mendesak transparansi pengelolaan dana Bumdes di Desa Lelato. Dimana dalam tuntutan yang disampaikan pengurus Bumdes diminta agar segera melakukan laporan pertanggungjawaban paling lambat tanggal 31 januari 2021.

“Kenapa begitu, karena Bumdes ini sudah ada berdiri sejak tahun 2016. Nah dari 2016 sampai dengan hari ini informasi yang kami dapat selesainya beroperasi itu hanya sampai tahun 2017 dan tahun 2018 sampai tahun 2022 sudah tidak lagi berjalan,” ujar Koordinator Lapangan Rifkiyanto Amalu.

Rifkiyanto mengatakan, terkait persoalan ini, sudah pernah dimediasikan oleh pemerintah desa bersama pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan telah melayangkan undangan sebanyak tiga kali, namun yang bersangkutan tak kunjung hadir.

“Karena persoalan ini sudah dicoba melalui pendekatan persuasif namun tak kunjung menemukan titik temu, maka kami melakukan aksi dengan permintaan ini harus segera dibawa ke ranah kecamatan,” terangnya.

Rifkiyanto juga meminta pihak kecamatan agar membentuk tim auditor dalam menyelesaikan persoalan bumdes desa Lelato. Sebab diduga terindikasi telah terjadi kelalaian dalam pengelolaan dana Bumdes.

“Bila perlu kami juga meminta pihak Polsek sumalata untuk ikut terlibat dalam mencari tau pokok persoalan kenapa sampai dengan detik ini pengurus Bumdes lama tidak mau melakukan pertanggungjawaban,” tegasnya.

Baca Berita Kami Lainnya di GOOGLE NEWS

pahlawan