Pemkab Gorontalo Utara Beri Ruang Bumdes Kelola Pulau Saronde

Pulau Saronde Gorontalo Utara

READ.ID – Usai memutus kerja sama dengan pihak PT Gorontalo ALam Bahari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) memberikan ruang kepada badan usaha milik desa (Bumdes) untuk bisa mengelola pulau Saronde.

Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan yasin mengatakan, pemerintah memberikan kesempatan kepada para investor yang ingin mengelola pulau saronde, termasuk Bumdes.

expo

“Pastinya juga kita memberikan ruang kepada BUMDes yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, bila mana mereka mampu melakukan pengelolaan secara baik,” ungkap Ridwan, Selasa (08/06/2021).

Pulau Saronde

Sekda Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin. (Foto Wahyono/Read)

Menurutnya, Bumdes bisa saja dapat diandalkan. Ia menyampaikan pantai Minanga misalnya yang hanya dikelola oleh Bumdes, dimana mereka berhasil mengembangan pantai tersebut dalam waktu 6 bulan, serta telah memberikan sekitar Rp200 juta untuk PAD.

“Ini menjadi alasan oleh Pemerintah memberikan kesempatan kepada Bumdes, agar pulai Saronde menjadi lebih baik dari ebelumnya,” tutur Ridwan.

Namun dengan begitu, pemda sampai saat ini masih mencari pihak ketiga yakni investor yang mampu membawa Pulau Saronde menjadi seperti wisata Bali.

(WM/Read)