Asisten III Setda Kabupaten Gorontalo Tekankan Pentingnya Musrenbang RKPD

RKPD Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Asisten III Bidang Administrasi Umum (Setda) Kabupaten Gorontalo Dr Yusran Lapananda menekankan pentingnya kegiatan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Hal itu ditekankan Yusran saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Limboto Barat dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022 di Aula Kantor Camat Limboto Selasa, (23/02/2021).

Usia kegiatan Asisten Yusran Lapananda mengatakan, musrembang RKPD adalah bagian dari tahapan-tahapan dari kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah dalam rangka penajaman penyelarasan klarifikasi terhadap berbagai usulan-usulan dari pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan.

” Oleh karena itu kegiatan ini bagian dari pemerintah daerah untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat berkaitan usulan – usulan di masing – masing Desa”, tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan terkait adanya recofusing anggaran kita hanya memberi pemahaman saja bahwa kebijakan pemerintah pusat terhadap penanganan covid-19 dinamis.

sehingga kaitanya dengan makna refocusing kemudian rasionalisasi dan pemotongan itu berbeda itu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah terhadap penyesuaian anggaran belanja saja.

Kalau rasionalisasi yang sudah menyentu pendapatan DAU maupun belanja sehingga kita bisa memahami kondisi keuangan negara dan daerah kaitanya penanganan covid-19

” Dengan Sudah menjadi bagian dari Kemendagri NO. 40 untuk pedoman penyusunan RKPD 2022 empat hal yang sudah ditekankan ke empat itu adalah anggaran penanganan covid-19,” pungkasnya.

(Adv/RL/Kominfo)