Basarnas Evakuasi Satu Pendaki Gunung Tilongkabila

Evakuasi Pendaki

READ.ID – Badan Sar Nasional (Basarnas) Gorontalo evakuasi satu pendaki di Gunung Tilongkabila di Desa Lombongo, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Senin dini hari tadi.

Kepala Basarnas Gorontalo Djefri DT Mewo mengatakan, tim Basarnas sudah evakuasi pendaki tersebut sekitar pukul 07:30 wita dalam keadaan sehat, yang dibantu oleh BPBD Provinsi, BPBD Bone Bolango, Tagana Bone Bolango, dan relawan.

Korban sudah dievakuasi dan selamat dan sudah diangkut oleh Tim SAR gabungan selanjutnya dibawa menuju rumah sakit,” Kata Djefri.

Ia menjelaskan bahwa, sebelumnya ada sekitar 12 orang pendaki, yang tergabung didalam komunitas pecinta alam Gempa Perisai, pada minggu (2/2) melakukan pendakian di Gunung Tilongkabila, namun ketika hendak turun 1 orang pendaki An. Febrian Labadjo (18) mengalami kelelahan dan kaki tidak dapat digerakkan.

“Ketika melihat 1 korban yang sudah tak berdaya teman-teman korban berusaha untuk membantu dan menggendong korban, tetapi karena jalur yang dilewati merupakan jalur yang baru digunakan, ditambah cuaca di lokasi hujan deras mengakibatkan mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Melihat kondisi yang tidak memungkinkan 9 pendaki, memutuskan berjalan sampai desa terakhir untuk meminta bantuan, dan 2 orang lainnya bertahan untuk menemani korban. (Jef/RL/Read)