Date:August 11, 2020

Basarnas Gorontalo Evakuasi Puluhan Warga Terjebak Banjir

Warga Terjebak Banjir

READ.ID – Basarnas Gorontalo evakuasi puluhan warga di Kota Gorontalo yang terjebak banjir akibat meluapnya sungai Bone, Jumat (03/7/2020) malam.

Setidaknya ada sekitar 27 warga yang berada di Kelurahan Kampung Bugis dan Kelurahan Padebuolo yang dievakuasi Tim Sar saat korban berada di dalam rumah mereka.

Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas Gorontalo Muh Rizal mengatakan,  pada pukul 18.00 WITA, Basarnas Gorontalo menerima info dari salah seorang masyarakat bahwa ada beberapa rumah warga yang terendam air yang cukup parah dan meminta bantuan untuk segera dievakuasi.

Menerima laporan tersebut, Basarnas Gorontalo menerjunkan 4 Tim ke lokasi guna mengevakuasi warga yang terjebak saat banjir melanda pemukiman setempat.

“Memang sejak pagi tadi kita sudah menerima laporan masuk terkait dengan musibah banjir dan tim Rescue sudah kita standbykan di kantor untuk berjaga. Adanya laporan dari warga, kita langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi warga,” jelas Rizal.

Sementara itu Kepala Kantor Basarnas Gorontalo Djefri D.T Mewo menjelaskan, korban banjir dievakuasi menggunakan tiga perahu karet. Petugas juga dilengkapi rescue truck, personel truck, rescue compartment dan rescue car.

“Hingga Sabtu pagi tim Sar Gabungan dan dibantu masyarakat setempat sudah mengevakuasi kurang lebih 27 warga yang masih berada di dalam rumah,” ungkapnya.

Djefri juga menambahkan, saat ini Rescue Basarnas di bantu dengan Potensi Sar masih berjaga di lokasi untuk mengantsipasi banjir susulan.

“Kami ikut serta sebagai perbantuan dalam rangka meningkatkan responsivitas dan evakuasi SAR yang maksimal. Saya menghimbau masyarakat juga waspada banjir susulan,” tandas kepala Basarnas.

Sementara berdasarkan data BPBD, banjir di Kota Gorontalo merendam merendam empat kecamatan yakni Hulondalangi, Kota Selatan, Kota Timur dan Kota barat. Belum diketahui jumlah rumah maupun korban yang terdampak banjir karena masih dalam pendataan.

Namun hingga saat ini sebagian besar korban banjir telah diungsikan di sejumlah titik pengungsian di Kota Gorontalo. (RL/Read/Basarnas)