Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perairan Wisata Hiu Paus

Wisata Hiu Paus

READ.ID – Komunitas penyelam di Gorontalo merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 dengan mengibarkan bendera merah putih di perairan Wisata Hiu Paus.

Upacara bendera ini dilakukan di bwah laut pada kawasan perairan Wisata Hiu Paus, yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Selain pecinta diving yang tergabung dalam Wawahea Gorontalo Community, sejumlah unsur dari TNI Lngkatan Laut, Basarnas, perguruan tinggi, maupun beberapa masyarakat terlibat dalam kegiatan ini.

Dengan kedalaman 10 meter, sekitar dua puluh orang penyelam ini dengan khidmat mengikuti upacara.
Tak ketinggalan/ dua ekor Hiu Paus juga terlihat berenang saat para penyelam akan mengibarkan bendera.

Sekretaris Wawahea Gorontalo Community, Arpan Mutia Rahman mengatakan, selain memperingati HUT kemerdekaan Indonesia dan mempromosikan Wisata Hiu Paus di Gorontalo, kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat terutama nelayan agar melindungi biota laut dari kepunahan.

Pro

Prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah lait, perairan Wisata Hiu Paus.

“Pertama memperingati hari kemerdekaan yang dilakukan para pecinta diving. Kemudian untuk melestarikan maupun memperkenalkan bahwa keindahan bawah laut di Gorontalo itu sangat banyak, di mana salah satunya Wisata Hiu Paus,” ujar Arpan.

Sementara itu, salah satu penyelam Mimy Sahi mengaku, kehadiran Hiu Paus, menjadi momen terindah bagi dirinya saat melaksanakan upacara bendera di dalam air.

“Saya sudah dua kali mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2020. Di sini lautnya juga sangat mendukung karena bersih. Sensasinya keren, karena itu jarang ada di tempat lain. Mungkin cuman disini bareng dengan Hiu Paus. Sensasinya benar-benar gila,” imbuh Mimy.

Pantai Botubarani menjadi salah satu objek wisata andalan Provinsi Gorontalo yang menawarkan keunikan. Sehingga, menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke lokasi ini, dan bisa menyaksikan langsung serta berenang bersama Hiu Paus.

Wawahea Gorontalo Community

Wawahea Gorontalo Community

(SAS/Read)