Wisata Hiu Paus Gorontalo Ramai Pengunjung

READ.ID – Wisata Hiu Paus atau Whale Shark Tour yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, ramai pengujung.

Menurut salah satu Tour Guide Gorontalo Donald Raymond Wahani, wisata yang cocok sebagai spot diving dan snorkeling itu, pada Senin (21 Juni 2021) kemarin, hingga hari ini, mengalami peningkatan pengunjung.

“Kurang lebih ada empat puluh lima orang yang didominasi oleh wisatawan domestik yang berkunjung di Wisata Hiu Paus ini. Sementara Hari ini, meningkat hampir dua kali lipat,” beber Donald.

Dirinya menjelaskan, para wisatawan tersebut berkunjung untuk melakukan aktivitas diving maupun snorkeling.

Selain itu, ada juga yang hanya memanjakan mata dengan menyewa perahu warga, untuk melihat Hiu Paus dari atas, tanpa menyelam.

Sedangkan untuk Hiu Paus yang muncul, ungkap Donald, pada Senin kemarin, sekitar 5 ekor, dan untuk hari ini, ada 4 ekor hiu paus yang memunculkan diri di bibir pantai.

Para pengunjung yang berdatangan ke lokasi Wisata Hiu Paus tersebut diketahui masuk melalui dua tempat yang saling berdekatan, yakni Pangkalan 3 dan 4.

Namun demikian, pengunjung Wisata Hiu Paus menurun drastis jika dibandingkan sebelum Pandemi Covid-19 menghantam seantero negeri.

Hal itu diungkapkan Agus Kamba, yang juga selaku Pemandu Wisata/ Tour Guide Gorontalo.

Dirinya menyebutkan, angka pengunjung tidak sebanyak sebelum Pandemi Covid-19. Terlebih untuk wisatawan asing.

“Sebelum pandemi, wisatawan asing yang mengunjungi Wisata Hiu Paus ini membeludak. Namun, pasca itu, menurun drastis,” ungkap Agus Kamba.

Menurutnya, hal itu karena adanya pelarangan untuk warga negara asing (WNA) yang mengantongi visa wisata, dan hanya memperbolehkan WNA dengan visa bisnis saja.

(Setiawan/Read)