Berikut Makna Logo Dies Natalis UNG ke-58

READ.ID – Berikut makna logo Dies Natalis Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ke-58.

Pertama, kurva segi lima sama sisi, merupakan ornamen khas daerah Gorontalo yang melambangkan lima sila dari dasar negara Pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu.

Kedua, sayap burung Maleo, melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG, juga mewakili pribadi yang unggul, memiliki daya saing dan berinovasi yang berjangkar pada kemanusiaan.

Sayap burung Maleo tersebut, dibuat kecil mulai dari bagian bawah, dan bertumbuh besar ke atas, sejalan dengan tema, yaitu pembangunan berkelanjutan yang berpedoman pada konsep tata kelola perguruan tinggi good governance in higher education dan sustainable development.

Selain itu, pada logo juga terdapat unsur tambahan yang mendukung tema Dies Natalis UNG tahun ini, yaitu lintasan dan tiga lingkaran yang saling berkesinambungan. Angka 5 dan 8 saling terhubung membentuk lintasan bermakna perubahan yang tidak pernah berhenti.

Selanjutnya, tiga lingkaran yang saling berkesinambungan itu, mewakili kerangka perubahan yaitu hubungan antara humanisme, pengetahuan, dan inovasi kebijakan yang harus berjalan berdampingan.

Hal ini juga mewakili tiga nilai kemanusiaan yang bersifat universal, yakni kebaikan, keteguhan budi luhur, dan pengetahuan yang mengakar untuk kemaslahatan bersama.

Kemudian, warna yang digunakan pada logo ini adalah merah, kuning emas, orange, biru dan ungu.

Warna merah melambangkan keberanian dan tanggung jawab, kuning emas melambangkan sikap setia dan kemuliaan, orange melambangkan kebahagiaan dan keseimbangan,biru melambangkan sikap tenang, setia, dan harapan, dan ungu melambangkan keanggunan dan wibawa.

Selain itu, warna yang digunakan pada logo tersebut, merupakan warna gradasi yang sering digunakan di dunia teknologi saat ini.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi yang mengedepankan digital based learning, teknologi terbarukan, inovasi, jejaring, serta sains dan teknologi menuju good university governance.

Terakhir, font yang digunakan pada logo ini adalah huruf Sans Serif yang memiliki keterbacaan yang tinggi, sehingga dapat dibaca meskipun logo dalam ukuran besar ataupun kecil.