Bersama Generasi Muda Agama Hindu, FKUB Provinsi Gorontalo Gelar Dialog Penguatan Moderasi Beragama

FKUB Provinsi Gorontalo

READ.ID – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Gorontalo melaksanakan kegiatan dialog tentang penguatan moderasi beragama, bagi generasi muda agama Hindu, di Pura Girinatha Kompleks Kompi B Senapan B Bataliyon 713, Kecamatan Telaga, Minggu (11/6/2023).

Dalam dialog tersebut, dihadiri oleh narasumber yang terdiri dari Ketua FKUB Provinsi Gorontalo Kh. Abdul Rasyid Kamaru, Analis Kebijakan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Wiwik Widyawati Mayang, Subdit IV Dit Intelkam Polda Gorontalo, dan Tokoh Agama Hindu I Wayan Sudana.

Dari dialog tersebut, menghasilkan empat sikap yang dinyatakan oleh generasi muda agama Hindu, yang tertuang dalam deklarasi dukungan terhadap moderasi beragama.

Diantaranya, pertama yaitu mendukung program pemerintah tentang moderasi beragama dan ikut mendorong terbangunnya toleransi beragama, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kedua, menolak sikap eksklufisilisme beragama dengan berbagai manifertasinya, sepertin intoleran, radikalisme, dan dan terorisme.

Kemudian, ketiga yakni menegakkan dan menguatkan etika kehidupan beragama berdasarkan empat indikator moderasi beragama, berupa komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan kearifan lokal.

Serta yang kempat, dengan berperan aktif dalam mensukseskan, pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang aman, damai, jujur, adil, dan bermartabat. Juga, menolak politisasi agama atau politik identitas, yang dapat berdampak pada perpecahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version