Bupati Blitar Berangkatkan Khafilah MTQ Ke XXIX Tingkat Jawa Timur

MTQ Jawa Timur

READ.ID.BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah lepas pembina dan peserta khafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Blitar di pendopo RHN untuk mengikuti kegiatan tingkat Jawa Timur.

Kontingen akan diberangkatkan untuk mengikuti MTQ ke -XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pamekasan dari tanggal 2 sampai 11 November.

Sesuai persyaratan yang diberikan oleh panitia penyelenggara, para peserta diharuskan untuk melakukan Rapid Test terlebih dahulu, sebelum mengikuti MTQ tingkat Provinsi tersebut.

“Hari ini, saya melepas pembina dan kafilah MTQ Kontingen Blitar yang akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur yang akan digelar di Kabupaten Pamekasan. Sebelum berangkat mereka di Rapid dulu, Alhamdulillah semuanya non-reaktif,” Ujar Rini saat melepas Kontingen MTQ Blitar, Selasa (02/11/2021).

Ia berpesan, agar mereka (peserta kontingen MTQ Blitar) menjaga kesehatan dan tetap mengikuti protokol Covid-19 yang ada. Sehingga nantinya akan mengikuti MTQ secara maksimal.

“Insyaallah mereka akan melakukan yang terbaik agar prestasi juga bisa diraih, sehingga itu akan memotivasi untuk anak-anak Blitar lainnya, untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca kitab suci Al-Quran,” pesannya.

Kiprah Kabupaten Blitar dalam MTQ tidak diragukan lagi, yang terakhir pada MTQ yang ke XXIIIV, khafilah Blitar mampu meraih juara II cabang Fahmi Quran dan juara III Makalah Hafalan Quran 10 juz dan Makalah hafalan Quran 1 Juz.

“Secara khusus saya berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya yakin seluruh peserta yang tergabung dalam khafilah Kabupaten Blitar ini merupakan orang orang terpilih. Artinya, semua adalah yang telah terseleksi dengan ketat saat penjaringan calon peserta,”jelas Rini.

Rini berharap, semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk kita semua. Terutama dalam rangka mengibarkan panji Kabupaten Blitar dalam perhelatan festival pemuliaan kitab suci Alquran.

Koordinator Official Khafilah Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan, kontingen Blitar sendiri mengirimkan 14 peserta terbaiknya untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur ini.

“Kontingen Kita membawa 14 peserta, yang memenuhi kualifikasi untuk tampil di Jawa Timur. Kita memiliki target untuk berprestasi, dan sengaja kita angkat potensi lokal Blitar, sehingga kedepan mudah-mudahan bisa menjadi aset Blitar,” Ucap Mashudi.

Ia menambahkan, ada beberapa kategori yang diperlombakan dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur ini, diantaranya tahfidz, tilawah, dan kategori lainnya. Harapannya agar Kontingen Blitar bisa berprestasi di tingkat Jawa Timur bahkan sampai Nasional.

“Banyak kategori dalam perlombaan MTQ ini, sedangkan yang diikuti kontingen Blitar adalah Sharqil, Tilawah, cerdas cermat Alquran. Untuk tahun ini kita hanya mengirim laki laki saja, karena kondisi sekarang ini, kita tidak bisa melaksanakan seleksi secara maksimal. Harapannya khafilah tetap berprestasi di Jatim.” pungkasnya.(adv/kmf/didik).