Bupati Blitar Launching Ambulance Call Center WINGS RSUD Wlingi

Wings Blitar

READ.ID.BLITAR -Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Mahrom melounching Wlingi Emergency Medical (WINGS) di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro.

pahlawan

Hadir dalam agenda ini Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dr Endah Woro Utami dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar, rabu(16/11/2021).

” Ini adalah sebagai upaya pemkab Blitar untuk meningkatkan kwalitas pelayanan di semua lini. WINGS merupakan inovasi luar biasa dari RSUD Ngudi Waluyo, sehingga ke depan layanan ambulans gawat darurat dapat tersentuh ke seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Blitar,” ucap Mak Rini sapaan Bupati Blitar.

Harapannya dengan hadirnya WINGS, respon kegawatdaruratan bisa teratasi dengan cepat dan tepat. Seperti kecelakaan lalu lintas, ibu mau melahirkan, dan kegawatdaruratan medis yang harus cepat mendapatkan pertolongan bisa segera teratasi. Layanan ini gratis untuk masyarakat.

Rini Syarifah menilai fasilitas yang dimiliki WINGS sangat bagus dan dia berharap ke depan akan dapat memberikan layanan prima terkait dengan kegawatdaruratan di Kabupaten Blitar.

“Fasilitas mobil ambulans ini sangat bagus. Ini inovasi kami di dalam percepatan layanan medis,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dr Endah Woro Utami menyampaikan, WINGS milik RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dilengkapi dengan standar kelengkapan ambulans. Yakni mulai dari oksigen, alat persalinan, alat kegawatdaruratan, hingga obat-obatan.

“Kelengkapan ini kami cek setiap hari. Dan kami pastikan siap menangani kasus emergency dalam 24 jam,” ucap dr Endah Woro.

dr Endah Woro menambahkan, RSUD Ngudi Waluyo memiliki empat armada WINGS. Agar layanan ini bisa optimal, ke depan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi akan melakukan perjanjian kerjabsama (PKS) dengan seluruh camat dan kepala desa/lurah di Kabupaten Blitar.

RSUD Ngudi Waluyo Wlingi juga bekerja sama dengan kepolisian, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Fatayat NU.

“Kami telah melakuka pelatihan dengan kompetensi emergency call. Yang kami latih ada 10 dokter, perawatnya ada 22, driver ada 4 dan administrasi ada 4 orang,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, untuk mengakses layanan WINGS, masyarakat cukup menghubungi call center di nomor 082233331338.

Dr Endah Woro menjamin masyarakat yang menghubungi nomor ini pasti terjawab karena petugas rumah sakit selalu stand by 24 jam.

“Petugas piket kita selalu stand by 24 jam. Layanan kegawatdaruratan ini bisa diakses sewaktu-waktu,” pungkasnya.

(adv/Kmf/didik)