Bupati Blitar Tinjau Kegiatan Vaksinasi Door To Door Oleh BIN

Vaksinasi Blitar

READ. ID.BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah atau biasa dipanggil Mak Rini, meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19, door to door yang dilakukan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) di Kelurahan Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Kamis(11/11/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunitas guna mengatasi pandemi COVID-19.

” Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan vaksinasi dari rumah ke rumah atau door-to-door dengan menargetkan sekitar 12 ribu peserta untuk masing masing dosis,” kata Bupati Blitar Rini usai meninjau kegiatan vaksinasi.

Bupati memaparkan bahwa, vaksin bantuan dari BIN saat ini sudah siap di Kabupaten Blitar beserta nakesnya, tinggal pelaksanaannya.

” Gelaran vaksinasi door-to-door sangat efektif untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat seperti yang dilakukan di sejumlah negara,” kata Bupati Rini usai memantau kegiatan vaksinasi.

Rini Syarifah memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jawa Timur, yang telah memberikan vaksin Sinovac yang mana sudah diharapkan oleh para lansia.

” Khusus Kecamatan ponggok jumlah penduduknya sangat besar dan untuk lansianya belum tertangani semuanya. Dan vaksin Sinovac ini murni diberikan oleh Kabinda kepada masyarakat lhususnya para lansia yang ada di Kabupaten Blitar, yang terdiri dari dosis I dan II,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pencapaian vaksinasi khusus lansia masih dibawah 30% dan pemerintah daerah bersama Dinkes akan fokus dengan jalan jemput bola sebagai upaya untuk.

” Kalau lansia ini ada keterbatasan untuk datang ke faskes, akan dilakukan jemput bola dengan mendatangi atau door to door. Sehingga diharapkan target 70% bisa tercapai. Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah menuntaskan vaksinasi COVID-19 akhir tahun ini,” ungkapnya.

(adv/kmf/didik)