Bupati Nelson Intens Komunikasi Investor Luar

READ.ID – Kepala Dinas PTSP Kabupaten Gorontalo Ibrahim Jantu mengungkapkan bahwa, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada tahun 2019 sangat intensi melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang berkompeten dengan investor luar.

“Akibatnya berbagai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) saat ini telah masuk dan dalam proses kerjasama,” kata Ibrahim Jantu.

Diantaranya meliputi PT. Unilever (Perancis) pengembangan Kelapa Genja dan Gula Aren, Tianjin Electric (M) SDN. BHD. (Malaysia) Pebangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, PT. Yeshu (Tiongkok) Pembangunan Pabrik Juice Kelapa dan PT. Tokyo Food Corporation & Konematsu Corporation (Jepang) Pengembangan Perkebunan dan Mitigasi Bencana & Tsunami.

Menurutnya bahwa investasi luar ini berawal dari pelaksanaan Green Investment Meeting pada tahun 2017, Kabupaten Gorontalo dan telah menjadi perhatian nasional bahkan internasional dalam penerapan investasi berwawasan lingkungan.

Akibat pertemuan banyak investasi yang masuk ke daerah tersebut, dimana pada tahun 2017 total investasi yang masuk sebesar Rp 1,64 Trilyun, dimana tahun sebelumnya hanya sekitar Rp150 Milyar. Sementara pada tahun 2018 investasi yang masuk sebesar Rp 1,8 Trilyun, sedangkan untuk triwulan I 2019 investasi yang tercatat saat ini sebesar Rp 500 Milyar.

“Jadi kalau Green Investment Meeting disinyalir oleh seseorang tidak ada tindaklanjut, maka ini merupakan laporan kami atas progres yang pemerintah daerah lakukan selama ini,” tegas Ibrahim Jantu.

Related Post

TRENDING TOPIC

TRENDING POST