Bupati Syarif Sosialisasikan Vaksin Covid-19 di Wilayah Barat Pohuwato

Vaksin Pohuwato

READ.ID – Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga kembali menyosialisasikan protokoler kesehatan dan vaksin Covid-19 di 2 wilayah Kecamatan paling barat Pohuwato yakni Kecamatan Popayato dan Popayato Barat, Rabu (20/1/2021).

Dalam sambutannya, Bupati berharap masyarakat Pohuwato bisa tervaksin, karena vaksin ini untuk menyelamatkan dari bahaya covid, sehingga sebelum dilakukan vaksin ini Pemda akan intens melakukan sosialisasi memberikan pemahaman kepada semua.

“Andai vaksin ini sudah ada di Pohuwato pada Jum’at kemarin, maka saya orang yang pertama melakukan vaksinasi di daerah ini”,jelasnya.

“Covid masih ada dan masih sebuah ancaman nyata. Saat ini ada 10 orang positif, kemarin juga ada beberaa guru yang positif setelah di swab. Tolong jaga imun, jaga kesehatan dan mari sukseskan vaksin virus corona ini,” imbuhnya.

Disisi lain, Bupati juga menjelaskan jika cara yang paling efektif mencegah Covid adalah melaksanakan aktivitas dan kegiatan sesuai dengan protokoler kesehatan.

“Jangan cuek, apalagi setelah kegiatan ada yang salaman. Kenapa di protokoler kesehatan salah satu disarankan adalah mencuci tangan, karena tangan ini yang paling mudah terakses dengan virus corona tersebut. Contohnya berupa mic atau pengeras suara yang sering bergantian dipegang, ada beberapa perpindahan dari tangan ke tangan,” terang Syarif.

Bupati Syarif juga mencontohkan saat pulang ke rumah dan tidak mencuci tangan tentu efeknya besar, mengingat di rumah ada keluarga. Tangan menjadi cepat terkontaminasi dengan virus lewat kegiatab kita apalagi pernah tangan kita ini dalam satu hari menyentuh wajah, menyentuh mulut, dan hidung.

“Sehingga itu kenapa dilakukan swab diambil dari mulut dan hidung. Makanya apa yang dianjurkan ini tolong dilaksanakan, karena yang membuat kita selamat adalah diri kita sendiri, olehnya taati protkes dengan benar,” pungkasnya.

(Adv/Dodi/Read)