Busana Adat Gorontalo Warnai Peringatan Hardiknas

READ.ID, – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 diwarnai dengan dikenakannya pakaian adat Gorontalo oleh peserta upacara, yang berlangsung di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Kamis (2/5/2019).

Peserta upacara dari Pengawas Satuan Pendidikan, kepala sekolah, dan para guru, mengenakan pakaian adat Gorontalo yang khusus untuk pria dinamakan Takowa, sementara bagi wanita disebut dengan Galenggo.

“Kita apresiasi upaya jajaran Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo untuk melestarikan kebudayaan daerah, salah satunya pakaian adat Gorontalo yang dikenakan hari ini pada upacara Hardiknas,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim yang bertindak sebagai inspektur upacara pada kesempatan itu.

Idris menuturkan bahwa penggunaan baju adat kali ini, sejalan dengan salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo, yaitu agama dan budaya yang lebih semarak dan juga tema peringatan Hardiknas tahun 2019 yaitu ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’.*****

Related Post

TRENDING TOPIC

TRENDING POST