Darda Daraba: PTM Beresiko Mematikan

READ.ID,- Sekertaris daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, mengatakan bahwa dalam kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) memang jelas tidak ditularkan, tapi resikonya mematikan.

Hal itu dikatakan Darda dalam Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Selasa, (5/3/2019) di Balroom Hotel Grand Q, Kota Gorontalo.

Darda menjelaskan PTM bisa dicegah dengan mengendalikan faktor risiko melalui deteksi dini dan salah satu upaya yang pemerintah lakukan adalah dengan membentuk Pos Pembinaan PTM (Poshbindu PTM) di desa.

Upaya pencegahan dengan sosilasasi dini resiko PTM itu lanjut Darda, sesuai dengan Permenkes Nomor 71 tahun 2015.

“ Dimana dinyatakan bahwa pencegahan dan penanggulangan yang paling efektif adalah dengan mengendalikan faktor resiko,” Kata Darda

Diantaranya langkah penanggulangan adalah dengan mengendalikan karakteristik, tanda atau kumpulan gejala penyakit pada individu yang secara statistik berhubungan dengan peningkatan kejadian kasus baru berikutnya.

Untuk penyakit tidak menular yang bisa dicegah secara dini, Lanjut Darda, ada sebanyak 20 jenisnya. Namun yang dominan saat ini adalah hipertensi, stroke, jantung, gagal ginjal, dan Kanker. Di Gorontalo sendiri penyakit jantung naik sebesar 2 persen sebagai salah satu penyakit yang mematikan.***

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.