TanggalApril 13, 2021

Darda Daraba: Rakor Sarpras KP Harus Punya Implementasi yang Jelas

Darda Daraba

READ.ID – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meminta rapat koordinasi (rakor) pemanfaatan sarana prasarana kawasan perdesaan (Sarpras KP) tahun 2021 harus mempunyai implementasi yang jelas.

Demikian disampaikannya saat membuka rakor yang dilaksanakan Dinas PMD Adminduk Capil Provinsi Gorontalo, Kamis (18/2/2021).

Dalam rakor secara tetap muka itu, Darda Daraba tak lupa mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama kegiatan berlangsung.

Mengingat, kata dia, kegiatan seperti ini berbeda dengan sebelumnya di mana kegiatan-kegiatan yang memiliki tingkat konsentrasi massa yang banyak, belum bisa dilaksanakan dikarenakan kondisi pandemi Covid-19.

“Tapi alhamdulillah, di Provinsi Gorontalo pengendalian dampak pandemi semakin baik, tentunya ini tak lepas peran kita semua. Sekali lagi patuhi prokes, ingat pesan ibu 3 M,” kata Darda di Aula Kantor Bapppeda Provinsi Gorontalo,

Darda mengungkapkan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka, bukan hanya penyelenggaraan program.

Namun, lebih kepada aktualisasi dan implementasi dari hasil-hasil bahasan, kesimpulan dan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti secara berkelanjutan.

Utamanya saat ini kebutuhan layanan yang setiap saat meningkat adalah hal yang harus menjadi perhatian semua pihak.

“Jika upaya-upaya maksimal kita lakukan, bukan tidak mungkin Pemprov Gorontalo akan semakin unggul, maju dan sejahtera,” tuturnya.

Untuk mendorong itu semua, kata dia, dibutuhkan ide-ide, inovasi, kaloborasi, adaptasi dan intervensi dari para pengambil kebijakan, pemangku kepentingan dan stakeholder yang terkait dalam pembangunan perdesaan.

Diakhir arahannya, ada beberapa pesan yang disampaikan Darda untuk semua peserta rakor, utamanya agar serius mengikuti rapat ini dan membuat langkah-langkah strategis sesuai dengan bidang masing-masing.

Kemudian diharapkan untuk merubah mindset dan pola pikir bekerja kearah yang lebih positif.

“Tingkatkan terus kompetensi dan profesionalisme agar mampu mengikuti dinamika perubahan global. Pangkas hambatan birokrasi yang ada dan pastikan unit layanan publik mendapat pelayanan yang cepat dengan kualitas tinggi,” tandasnya.

Rakor Sarpras KP ini diikuti oleh unsur dinas Dukcapil di tiga Kabupaten, unsur dinas Bapppeda, Kepala Desa, camat dan bumdes.

Sebelum masuk ke lokasi acara, seluruh peserta di ukur suhu, mencucui tangan, memakai masker dan duduk dengan menjaga jarak.

(Aden/Read)