Dikbudpora Provinsi Gorontalo Belum Terbuka Sepenuhnya Sistem Pendaftaran Siswa

Dikbudpora Provinsi Gorontalo

READ.ID – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo belum terbuka sepenuhnya terhadap sistem pendaftaran Siswa baru SMA/SMK di Gorontalo.

Dalam hal pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Gorontalo, menggunakan aplikasi berbasis website yang dapat diakses di http://grhm.web.id/.

Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Wahyudin Katili mengatakan, dalam hal penggunaan aplikasi PPDB online masih terdapat keterbatasan.

“Kami tidak pernah mengatakan bahwa, aplikasi ini jelek, tapi kami terus berupaya aplikasi dari tahun-ketahun untuk terus di perbaiki,” kata Wahyudin Katili.

Pihaknya mengakui jika diminta secara transparan terbuka semua, butuh energi yang lebih dan akurasi.

Kalau diminta datanya dibuka keseluruhan terutama soal jarak (Zonasi), tentuk tidak mungkin dalam sekejap bisa langsung dilakukan.

“Kami tidak bisa dalam sekejap melakukan itu, karena kami juga dinilai dan diperiksa oleh Ombudsman,” jelasnya.

Rekan-rekan pengembang aplikasi PPDB Online, yang sebelumnya sudah kerjasama dengan Dikbudpora Provinsi Gorontalo, tidak mungkin secepatnya melakukan perubahan.

“Itu butuh waktu, namun kalau kedepan akan seperti itu, kedepan akan kami upayakan, ini tergantung bagaimana cara kita memandang, kalau dikami tetap konsisten,” ungkapnya.

Pihaknya berjanji kedepan akan lebih transparan dan terbuka lagi, dan termasuk inisiatif bekerjasama dengan aplikasi yang sudah kembangkan oleh PT. Telkom Indonesia.

PPDB Sulsel

(Contoh PPDB Online Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan)