Dinas Kesehatan Pastikan Pertahankan Status Pohuwato UHC di Tahun 2023

Dinas Kesehatan Pastikan Pertahankan Status Pohuwato UHC di Tahun 2023

READ.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pohuwato, pastikan daerahnya pertahankan status Universal Health Covarage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta pada Tahun 2023.

Dijelaskan Kepala Dinas Pohuwato Fidi Mustafa, UHC atau cakupan kesehatan semesta termasuk dari 1 dari 6 pilar yang menjadi arahan Kementrian Kesehatan yakni pembiayaan kesehatan.

Kabupaten Puhuwato sendiri kata Fidi, sudah tahun ini dengan 90 persen capaian masyarakat yang telah tercover dalam jaminan sosial kesehatan, sehingga menjadikan daerah itu memenuhi UHC atau cakupan kesehatan semesta.

“Seperti yang Pak Bupati sering sampaikan, cukup dengan kartu tanda penduduk bisa dilayani dengan gratis,”ungkapnya kepda wartawan Read id usai perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tingkat Kabupaten, Kamis (10/11/2022)

Selanjutnya, disampikan Fidi, untuk mempertahankan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dam Provinsi dan disepakati terkait skema pembiayaannya secara keseluruhan.

Sehingganya, diktakan Fidi, dengan rampungnya pembahasan pembiayaan kesehatan tersebut, pihaknya memastikan status UHC atau cakupan kesehatan untuk Kabupaten Pohuwato dapat dipertahankan di Tahun mendatang.

“Bisa dipastikan, ditahun 2023 kita masih tetap UHC dan aman diposisi itu,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60