Dirjen IKM Dorong Industri Kelapa di Gorontalo

READ.ID,- Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI, siap mendorong industri kelapa di Gorontalo.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dirjen IKM, Gati Wibawaningsi, pada kegiatan pengembangan IKM kelapa terpadu di Gorontalo, Rabu (27/3/2019).

“Provinsi Gorontalo memiliki areal perkebunan kelapa mencapai 71.524 Ha, dengan jumlah tanaman menghasilkan 47. 822 Ha, atau 4.782.200 pohon dengan produksi 120 butir per pohon setiap tahunnya,” ujar Gati.

Selain itu, dorong ini lahir dengan melihat tumbuh kembangnya industri pengelolaan kelapa, dari skala kecil hingga besar.

Yakni beberapa produk seperti tepung kelapa asal Gorontalo, telah di ekspor ke eropa 60 persebĀ  asia 20 persen dan afrika 20 persen.

“Industri pengelolaan kelapa di Indonesia cukup berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Gorontalo sendiri sangat berpotensi dalam pengembangan industri,” jelas Gati.

Pada dasarnya sektor IKM mempunyai kedudukan yang strategis dalam perekonomian Nasional. Terutama, dalam penyerapan tenaga kerja, serta pengentasan kemiskinan.

“Inilah yang membuat kami termotivasi, untuk mendorong semua daerah termasuk Gorontalo dalam mengembangkan sektor induatri,” tutup Gati.***

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.