TanggalApril 11, 2021

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Blitar Tahun 2020

LKPJ Bupati Blitar

READ.IDDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Blitar menggelar Rapat paripurna secara virtual dengan agenda Penyampaian Penjelasan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Blitar tahun anggaran 2020, Senin (08/02/21).

Dalam rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto didampingi Wakil Ketua DPRD, H. Abdul Munib, Susi Narulita K.D, Mujib, Anggota DPRD Kabupaten Blitar dan dilaksanakan di Gedung Paripurna DPRD kabupaten Blitar.

Bupati Blitar Rijanto didampingi sejumlah asisten dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga tampak mengikuti dengan seksama secara virtual yang diselenggarakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar di Kanigoro.

Saat ditemui awak media usai rapat paripurna Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito mengatakan, dalam beberapa waktu lalu Bupati Blitar telah mengirimkan surat dengan nomor : 050/169/409.201.5/2021 tanggal 5 Februari 2021, perihal penyampaian LKPJ Bupati Blitar tahun 2020.

“DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Penjelasan Bupati terhadap LKPJ Bupati Blitar tahun 2020 sebagai bentuk tindak lanjut dan didasarkan jadwal banmus,” ucap Suwito.

Suwito menambahkan bahwa, pihaknya akan membentuk pansus untuk menentukan sikap yang akan diambil terkait LKPJ, selambat lambatnya bulan maret 2021 kita akan mengambil keputusan.

Dalam rapat paripurna secara virtual tersebut Bupati Blitar, Rijanto menyampaikan, dalam substansi LKPJ merupakan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan tahunan Kabupaten Blitar yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Blitar tahun 2020.

“Hal ini sesuai dengan Perbup no. 47 tahun 2020 tentang Perubahan atas Perbup no. 26 tahun tahun 2019 tentang RKPD Kabupaten Blitar tahun 2020, adalah peningkatan standar kualitas kesehatan dan pemulihan ekonomi untuk menjaga ketahanan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Rijanto.

Untuk tahun 2020, pemerintah setempat memprioritaskan peningkatan kesehatan masyarakat menuju New Normal, Penanggulangan kerentanan sosial melalui penguatan jaring pengaman sosial, pemulihan ekonomi daerah melalui perlindungan usaha mikro, kecil dan koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata, serta fasilitasi Pilkada periode 2021-2024.

Bupati Blitar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Blitar, jajaran DPRD Kabupaten Blitar, Forkopimda, pejabat dan seluruh aparatur Pemkab Blitar yang telah bekerjasama melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan tahun 2020.

“Semoga tahun 2020 ini sebagai evaluasi ditahun tahun mendatang dan semoga selalu tersedia ruang perbaikan dari setiap upaya pembangunan yang kita lakukan untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Blitar.” pungkas Bupati.

(didik/Adv)