DPRD Provinsi Setujui dan Dukung Gorontalo Jadi Tuan Rumah PON XXII 2028

Tuan Rumah PON

READ.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo menyatakan persetujuan dan dukungan, terhadap calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII yang akan dilaksanakan pada tahun 2028.

Persetujuan dan dukungan ini, disampaikan Wakil Ketua DRPD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi, saat menghadiri kegiatan Workshop bersama KONI Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah, Selasa (11/1/2022) di hotel Grand Q.

Sofyan Puhi mengungkapkan, adapun bentuk dukungan dari pihak DPRD provinsi sendiri, yaitu dengan mengeluarkan surat persetujuan di mana Gorontalo dan Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai calon tuan rumah PON XXII 2028 nanti.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk komitmen beberapa tahun ini, dengan memberikan dukungan kepada Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

“Tentunya, persetujuan dan dukungan ini, dalam bentuk penganggaran pada APBD provinsi”, tegasnya.

Dirinya menambahkan, selain mengantongi dukungan DPRD provinsi, juga pemerintah provinsi melalui Gubernur Gorontalo telah mengerluarkan Surat Keputusan (SK), atas dukungan Gorontalo sebagai tuan rumah PON.

Menurut Sofyan Puhi, dukungan dan komitmen yang diberikan oleh Pemerintah dan DPRD ini, menjadi salah satu penilaian KONI Pusat terhadap kesiapan daerah.

“Alhamdulillah, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan Wagub Gorontalo, telah menyatakan kesiapan, sehingga tinggal mengawal sampai kedepan”, ujar politisi Nasdem ini.

Tidak hanya itu, selain kesiapan daerah, penilaian lain yang dibutuhkan oleh calon tuan rumah PON adalah dukungan politik dari berbagai daerah.

“Olehnya, KONI Provinsi Gorontalo terus mematangkan berbagai kesiapan sebagai syarat calon tuan rumah PON XXII 2028 yang nantinya akan dibuka Bulan Maret nanti”, sebut Sofyan Puhi.

Diakui Sofyan Puhi, memang ada beberapa hal yang perlu kita siapkan seperti administrasi maupun persiapan di daerah ini sendiri.

“Memang ini tidak udah. Tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk bisa dimulai dengan komitmen dua daerah sudah siap”, pesannya.

(Rinto/Read)