Dukung Peningkatan Kapasitas Kesehatan, PGP Serahkan 1 Unit Ambulance

READ.ID – Pani Gold Project (PGP) menyerahkan satu unit mobil ambulance baru kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, untuk selanjutnya dimanfaatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumi Panua di Marisa.

Diketahui, 1 unit mobil ambulance tersebut, dilengkapi peralatan medis mutakhir yang diharapkan bisa membantu operasional rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupten Pohuwato.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga, menyampikan, pihaknya berharap ke depan PGP dapat ikut membangun Bumi Panua menjadi daerah yang maju.

“Alhamdulillah kita baru saja menyaksikan penyerahan 1 ambulance dari Pani Gold Project kepada RSUD. Pani Gold Project telah memenuhi sebagian kecil komitmen kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Pohuwato,”ungkapnya, Selasa (25/07/2023)

Disamping itu, External Affairs Manager PGP, Mahesha Lugiana menjelaskan, bantuan mobil ambulance itu dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kapasitas pelayanan rumah sakit.

Mehesha juga menuturkan, sebelumnya, pihaknya telah menyerahkan bantuan sejumlah peralatan medis kepada rumah sakit.

“Kami berharap bantuan mobil ambulance dan peralatan medis ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,”terangnya

Ditempat yang sama juga, Direktur RSUD Bumi Panua, Yeni Ahmad mengatakan, Mobil ambulance tersebut dilengkapi portable ventilator, portable suction, emergency kit, radio komunikasi dan beberapa alat penunjang lainnya.

Sementara itu, bantuan alat kesehatan kepada RSUD Bumi Panua yang diserahkan sebelumnya, adalah alat kesehatan senilai lebih dari Rp 1 milyar terdiri dari OAE Diagnostic, Clinical Middle Ear Analyzer, Clinical Audiometer, Treadmill System dan Spirometer. Selain menyerahkan peralatan medis kepada RSUD, pihak PGP juga memberikan pelatihan kepada perawat untuk mengoperasikan peralatan mutakhir tersebut.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Pani Gold Project atas bantuan mobil ambulance ini. Tentu mobil ambulance ini akan sangat bermanfaat. Ambulance yang kami punya saat ini ukurannya kecil,”pungkasnya

Yeni juga menuturkan, bahwa mobil ambulance yang dilengkapi peralatan medis mutakhir ini tentunya akan membantu masyarakat yang membutuhkan penanganan medis dengan segera.

Menurut Yeni, saat ini terdapat 16 Puskesmas di Kabupaten Pohuwato. Biasanya jika ada pasien yang tidak tertangani di Puskesmas, mereka akan dirujuk ke RSUD Bumi Panua. Rumah sakit sendiri tidak selalu bisa menangani semua pasien dan akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar dan lengkap.

“Sejak pandemi tiga tahun lalu, rumah sakit belum mendapatkan bantuan alat kesehatan. Untungnya ada perusahaan PGP yang mau memberikan bantuan,”imbuhnya

Lebih kanjut, ditambahkan yeni, bahwa kendala yang dihadapi RSUD Bumi Panua sekarang adalah ketersediaan tempat tidur. Oleh karena itu, rumah sakit membutuhkan penambahan kapasitas untuk rawat inap. Saat ini kapasitas rumah sakit adalah 177 tempat tidur.

Dirinya pun berharap, perusahaan nantinya bisa membantu penambahan kapasitas rumah sakit dan juga penambahan tenaga kesehatan yang berpendidikan,

“Saat ini sudah over capacity. Daya tampung rumah sakit sudah tidak mencukupi. Sudah ada pasien yang dirawat di extra beds,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version