Fakultas Kedokteran – Sendratasik UNG Kerjasama untuk kelancaran ujian OSCE

Fakultas Kedokteran UNG

READ.ID – Fakultas kedokteran UNG mengajak kerjasama jurusan sendratasik dalam pelaksanaan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE), untuk kelancaran pelaksanaan ujian.

Wakil Dekan II Fakultas kedokteran UNG, Dr. Zuhriana K Yusuf, M.Kes mengatakan pelaksanaan ujian ini adalah ujian dari matakuliah neuropsychiatry.

“Selama ini ketika ujian ini berlangsung akan ada di setingan jadi pasien, selama ini kita hanya menggunakan petugas dan orang-orang yang ada disekitar kampus,” kata Dr. Zuhriana K Yusuf, M.Kes.

Zuhriana K Yusuf mengatakan bahwa ketika mereka menggunakan tenaga petugas atau orang-orang yang ada di fakultas mereka tidak fokus pada saat pelaksanaan ujian.

“Pada saat ini kita menggunakan mahasiswa dari sendratasik, dan mereka ternyata lebih menjiwai peran jadi pasien” ucap Dr Zuhriyana K Yusuf.

Zuhriana K Yusuf mengharapkan agar kerjasama ini dapat terus berlangsung, jurusan sendratasik dapat berlatih akting dan mahasiswanya dapat ujian dengan situasi yang nyata.

Sesuai dengan nama “Clinical Examination”, OSCE merupakan sebuah metode ujian yang ingin meniru atau menyerupai sebuah kondisi di ruang praktek.

Sehingga, ujian yang akan dilaksankan membutuhkan kemampuan kita untuk menganamnesis, melakukan pemeriksaan fisik, meminta pemeriksaan penunjang yang sesuai, hingga mengobati dan mengedukasi pasien tersebut. (Rully)