Fokus Tuntaskan Kasus, Dinkes Pohuwato Optimis Raih Kembali Pengahargaan Eliminasi Malaria

Dinkes Pohuwato Gelar Pelatihan Tenaga Entimologi Malaria

banner 468x60

READ.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pohuwato, menggelar pelatihan Tenaga Entimologi Malaria kepada seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Daerah tersebut.

Sekretaris Dinkes Pohuwato, Rahmayani Nento menjelaskan, saat ini daerah meraka menjadi perhatian Pemerintah Pusat khususnya Kementrian Kesehatan.

banner 468x60

Hal itu dikarenakan, Kabupaten Pohuwato yang pada tahun 2022 lalu memperoleh penghargaan daerah eliminasi malaria, dengan mencuatnya sejumlah kasus menjadikan penyakit tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayah mereka.

Disampaikan Rahmayani, tahun ini di Kabupaten Pohuwato terdapat 616 Kasus malaria, dan kemudian yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 589 orang.

“Alhamdulillah, tersisa 27 orang, semoga ini akan berangsur sembuh,”ungkapnya, Jum’at (08/12/2023)

Selanjutnya, dikatakan Rahmayani, saat ini pihaknya terus berupaya menuntaskan persoaalan kasus malaria di Kabupaten Pohuwato, dengan melakukan penyemprotan di wilayah-wilayah yang berpotensi dapat menyebarkan penyakit tersebut.

Rahmayani juga menambahakan, melalui pelatihan yang digelar tersebut, semoga dapat meningkatkan kapasitas tenaga entimologi di daerah dalam menangani KLB kasus malaria di Kabupaten Pohuwato.

“Kita komitmen, kita semangat, dan kita raihkembali penghargaan Kabupaten Eliminasi Malaria itu,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60