Gempa Ternate 7.0 SR Berpotensi Tsunami

READ.ID – Gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter menguncang Ternate Maluku Utara. Lokasi gempa berpusat di 0,50 Lintang Utara dan 126,17 Bujur Timur. Atau 136 Kilomter Barat Daya Ternate, Minggu (7/7/2019)

Gempa yang terjadi sekitar pukul 22:08 WIB itu berada pada kedalaman 10 Kilometer. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG merilis, Gempa tersebut berpotensi Tsunami.

Peringatan Dini Tsunami dikeluarkan BMKG untuk 8 daerah di Sulawesi Utara. Masing – masing Kota Bitung status Siaga, Halmahera, Ternate, Tidore, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Selatan bagian Selatan dan Bolaang Mongondow status waspada.

“Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah Sulut” demikian peringatan dini yang dikeluarkan Indonesia Tsunami Early Warning System BMKG.

Untuk daerah yang berstatus waspada, BMKG menyatakan, pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Sementara untuk daerah siaga yaitu Bitung, Pemerintah diharapkan memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evaluasi. Getaran gempa terasa hingga ke Gorontalo.