Gerakan Penanaman Pohon Mangrove di Gorontalo Utara

Gerakan Penanaman Pohon

READ.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo menggelar gerakan penanaman pohon mangrove di Desa Ilodulunga, kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Jumat (10/01).

Gerakan penanaman pohon tersebut turut dihadiri Direktur Polisi Air Dan Udara (Dirpolairud) Polda Gorontalo, Kombespol Heri Budi Sulistia Nugraha, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin dan Dandim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Armed Firstya Andrean Gitrias.

Penanaman 2000 bibit pohon mangrove di luas lahan mencapai 5000 meter persegi atau setengah hektar di pesisir pantai Desa Ilodulunga.

“Penanaman pohon ini kita laksanakan karena mengingat cuaca yang lagi ekstrim saat ini yang bisa berpotensi banjir. Apalagi seperti di Desa Iloguluga ini yang lokasinya berada di pesisir pantai, karena menanam mangrove sangat berguna untuk menyerap air kalau hujan lagi deras dan menahan derasnya ombak,” ujar Kombespol Heri Budi

Pemerintah maupun warga menyambut baik ada kegiatan tersebut, dengan antusias untuk membantu menanam ribuan pohon mangrove di pesisir pantai desa.

“Kami berharap dari 2000 pohon yang di tanam ini, ada setengahnya yang hidup agar kelak bisa menopang air yang meresap ke tanah dan bisa menahan erosi dari pesisir pantai,” tutur Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Kegiatan itu juga dihadiri berbagai OPD Gorontalo utara, Kapolsek Gorontalo Utara, Camat Anggrek, Para Kepala Desa kecamatan Anggrek, Kepala Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara, dan Ketua Bhayangkhari beserta anggotanya. (Fadil/Read.id)