Google Menampilkan Wajah Ismail Marzuki, Yuk Simak Biografi Pahlawan Nasional ini!

Pahlawan Ismail Marzuki

READ.ID – Pada hari rabu tanggal 10 november 2021 google secara bangga mengubah doodle yang ada di beranda situsnya yang mulanya bervisualkan logo google, berubah menjadi gambar pahlawan Nasional yakni Ismail Marzuki untuk memperingati hari pahlawan.

Menurut informasi terbaru, Ismail Marzuki adalah seorang komposer terkenal di Republik Indonesia. Ia dianggap sebagai salah satu pahlawan nasional karena banyak karyanya. Faktanya Pada hari ini pada tahun 1968, pemerintah Indonesia menghormati almarhum dengan mewarisi namanya. Sekarang namanya Jakarta Art Center-Taman Ismail Marzuki (TIM).

Google Menampilkan Wajah Ismail Marzuki, Yuk Simak Biografi Pahlawan Nasional ini!

 

Namun, Nama asli Ismail Marzuki sudah menjadi legenda di negeri ini karena tidak semua orang mengetahuinya. Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta, dari keluarga Betawi. Nama aslinya adalah Ismail. Ayahnya bernama Marzuki dan nama lengkapnya Ismail bin Marzuki.

Kebanyakan orang memanggilnya dengan nama lengkapnya Ismail Marzuki. Bahkan di antara teman-temannya, dia dipanggil Mail, Main, atau Bang Main. Lahir di desa Kwitang. Jakarta Pusat 11 Mei di Kabupaten Senen; 1914

Ibunya meninggal tiga bulan setelah Ismail lahir. Di masa lalu, Ismail Marzuki kehilangan dua kakak laki-lakinya, Yusuf dan Yakup, yang dilahirkan bersamanya. Dia kemudian tinggal bersama ayahnya, Hamidah yang 12 tahun lebih tua dari Ismail.

Ismail Marzuki, masih dikutip Wikipedia, memulai debutnya di industri musik pada usia 17 tahun. Pada tahun 1931, ia menggubah lagu pertama “O Sarinah”. Ismail sangat menyukai seni. Pada tahun 1936, Ismail bergabung dengan orkestra Lief Java untuk bermain gitar, Memasuki Saxophone dan Pump Harmonium Player.

Di tahun 1940, Ismail Marzuki Menikahi sang Primadona dari sebuah klub musik di Bandung Eulis Zuraiidah, ia bergabung dalam Ismail Marzuki. Pasangan itu kemudian mengadopsi seorang anak bernama Rachmi, keponakan Eulis.

Dimasa penjajahan jepang terjadi, Ismail Marzuki aktif di dalam siarang radio Hozo Kanri Keyku Military Radio milik Jepang. Setelah pendudukan Jepang, Ismail Marzuki terus menyiarkan musiknya di RRI. Juga, ketika RRI menguasai Belanda lagi di tahun 1947, Ismail Marzuki Ismail Marzuki memutuskan untuk keluar dari RRI dikarenakan ia tak mau untuk bergabung kedalam organisasi Belanda.

Ismail Marzuki kembali bekerja di radio setelah berhasil mengambil alih RRI. Ia kemudian mendapat kehormatan sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta. Saat itu, ia menggubah lagu pemilihan umum dan memainkannya pertama kali pada pemilihan umum 1955.

Lalu Apa yang Mendasari Google Menampilkan Wajah Ismail Marzuki di Google Doodle?

Google melihat situasi dan kondisi ismail marzuki saat masa masa penjajahan dulu waktu penjajahan jepang dulu, ia mampu menggerakkan hati para pemuda yang untuk berjuang melawan penjajahan melalui banyak karyanya.

Ia yang bekerja di orkes radio milik jepang memanfaatkan kesempatan itu untuk menyebarkan karyanya. Inilah yang mendasari seorang Ismail Marzuki ini begitu di kenali banyak orang dan digadang sebagai pahlawan nasional.

Lalu mengapa google memilih Ismail Marzuki sebagai tokoh untuk menghiasi layer google doodle untuk memperingati hari pahlawan? Karena google melihat seorang Ismail Marzuki ini memiliki andil yang banyak untuk bangsa Indonesia.

Demikian artikel tentang Ismail Marzuki yang masuk google doodle, semoga memberikan wawasan yang bermanfaat untuk kalangan masyarakat, semoga dengan adanya artikel ini pembaca menjadi ter edukasi dan sekian dari saya terimakasih.