Gubernur Gorontalo Resmikan Sekretariat Dewan Pengurus Daerah APDESI

APDESI Gorontalo

READ.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meresmikan sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang berlokasi di jalan John Ario Katili, Kota Gorontalo, Senin (15/11/2021).

pahlawan

Kantor itu merupakan wujud janjinya pada bulan Juli lalu saat menghadiri pelantikan APDESI.

“Ini janji saya untuk memberikan fasilitas APDESI Provinsi Gorontalo, biar kita dilihat orang pemerintah ini kompak. Perlu saya sampaikan, saya sempat diprotes oleh teman teman DPRD ketika menyiapkan anggaran ini,” kata Rusli Habibie.

Gubernur Rusli Habibie menilai DPD APDESI layak difasilitasi dengan kantor yang representatif. Selain sudah terlanjut berjanji, eksistensi kepala desa sangat penting sebagai ujung tombak pemerintah dari pusat hingga kabupaten dan kota.

“Kepala desa itu ujung tombak presiden. Bukan Cuma oleh gubernur, tapi ujung tombak presiden sampai bupati wali kota. Punya masyarakat itu kepala desa,” imbuhnya.

Rusli Habibie berpesan agar kepala desa dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Caranya dengan mengetahui program pemerintah pusat hingga daerah serta mengetahui hak dan kewajibannya.

Contohnya, tentang penanganan jalan dan masalah yang dihadapi warga.

“Tapi karena lebih mudah dihubungi oleh masyarakat Bapak Gubernur, maka SMS masuk ke saya. Contohnya ada warga Dulamayo Selatan SMS ke saya lapor tentang longsor. Saya teruskan ke Kadis PU dan saya kirim alat berat. Harusnya hal begitu masih ada camat, bupati. Berjenjang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD APDESI Provinsi Gorontalo Abdul Muis Hilala mengapresiasi perhatian dan komitmen Gubernur Rusli terkait dengan penyediaan sekretariat organisasi yang ia pimpin.

Atas nama kepala desa ia menyampaikan terima kasih sudah merealisasikan kebutuhan mereka.

“Hanya beberapa bulan saja, sekretariat ini sudah terealisasi. Sudah enam tahun APDESI, baru kepengurusan ini direspon oleh Bapak Gubernur dengan hadirnya sekretariat. Hal ini akan kami catat dengan tinta emas,” tuturnya.

Pengresmian sekretariat APDESI dihadiri juga oleh anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Kasrem 133/ Nani Wartabone Klonel Inf. Rudy Jayakarta Runtuwene serta Kadis PMD Dukcapil Slamet Bakri.