Gubernur Rusli Angkat Kesejahteraan Nelayan

READ.ID,- Pembangunan pabrik es dan cool storage yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo, di Pelabuhan Perikanan (PP) di Kelurahan Tenda, Kota Gorontalo. Selain bisa memproduksi es balok 100 ton dan Air Blast Freezer (ABF) kapasitas 6 ton sertaip hari.

Kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pabrik ini membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan. “Sebab, siap menampung ikan tangkapan hasil nelayan dengan harga bersaing,” ujar Rusli, Minggu (3/3/2019).

Kehadiran pabrik es tersebut, merupakan suatu hal yang di dambakan oleh nelayan dan penjual ikan di sekitar lokasi.

Masalah es balok untuk pendingin ikan saat ini mendesak di adakan, mengingat nelayan setempat masih memasoknya dari Sulawesi Utara.

“Pabrik ini sangat kita harapkan karena nelayan menangkap ikan mereka sangat kekurangan es. Bahkan sampai ke Bitung (Sulawesi Utara) mereka harus cari es,” jelas Rusli.

Senada ditambahkan Branch Manager PT Perikanan Nusantara Cabang Gorontalo, Bachtiar Yanto menjelaskan, saat ini sedang di bangun Unit Processing (UP) ikan.

“Nanti untuk pabrik es dan tempat penampung es (ice storage) pembangunannya menyusul, tapi diupayakan tahun ini juga. Itu kapasitas pabrik esnya 30 ton dan ice storage 500 ton serta pembangunan kantor,” jelas Bachtiar.

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.