Hadiri Pelantikan 45 Anggota PPK Se-Kota Gorontalo, Marten Taha Harap Junjung Tinggi Integritas dan Netralitas

PPK Se-Kota Gorontalo

banner 468x60

READ.ID – Wali Kota Marten Taha menyampaikan pesan kepada seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kota Gorontalo, agar tetap menjunjung tinggi integritas dan netralitas dalam melaksanakan tugas.

Pesan ini disampaikan Wali Kota, saat menghadiri kegiatan pelantikan PPK Se-Kota Gorontalo oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, Rabu (4/1/2023), yang juga dihadiri oleh anggota KPU Provinsi Gorontalo Selvi Katili dan Sofian Rahmola.

banner 468x60

Dalam sambutannya, Marten Taha menyampaikan apresiasi kepada KPU Kota Gorontalo yang telah melaksanakan tahapan Pemilu 2024, diantaranya melakukan seleksi pemilihan PPK, kemudian melantik 45 orang PPK yang terdiri 5 orang setiap kecamatan.

Lebih lanjut Wali Kota meminta agar para PPK yang telah berhasil lolos, agar memegang teguh sumpah yang dibacakan, serta 11 fakta integritas.

“Tentunya, jika hal ini dilakukan, maka para PPK akan sukses melaksanakan tugas sebagai anggota PPK”, ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota sendiri, anggota PPK merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Pemilu. Alasannya, karena anggota PPK adalah implimentator yang paling bertanggung jawab sampai ketingkat kelurahan ataupun desa, yang dilaksanakan oleh KKPS dan TPS.

“Intinya, hal ini bukanlah tugas yang ringan, mengingat adanya komitmen bersama antara penyelenggara pemilu”, tambah Wali Kota.

Wali Kota pun menambahkan, PPK dituntut secara profesional untuk bekerja secara profesional, jujur, adil, dan senantiasa menjaga netralitas.

Kata Wali Kota, dalam hal netralitas, bukan berarti tidak melakukan komunikasi dengan siapa saja. Tetapi, melakukan komunikasi dengan semua stackholder dibutuhkan. Artinya, PPK tidak menutup diri, ataupun melakukan tindakan-tindakan yang justru merugikan anggota PPK sendiri.

“Jadi, tetap menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilu”, ucap Wali Kota.

Bagi Marten Taha, sikap netralitas merupakan modal yang sangat penting, dalam mengawal tegasnya demokrasi. Begitu pula peran dan sumbangsi PPK, dalam melaksanakan tugas sebagai perpanjangan tangan KPU, dapat menjadi landasan suksesnya pemilu serentak tahun 2024.

“Untuk itu, mari kita bangun sinergitas bersama untuk saling mendukung, yang tetap berpedoman pada peraturan Perundang-Undangan”, jelas Marten Taha.

Terakhira, Wali Kota menegaskan bahwa pemerintah Kota Gorontalo siap bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024, baik ditingkat Pemkot dengan KPU Kota Gorontalo, maupun Pemerintah Kecamatan dan PPK.

“Kami telah menginstruksikan kepada seluruh pemerintah kecamatan untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan PPK, demi mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60