Hiu Paus di Pantai Botubarani Tercatat Ada 46 Ekor

READ.ID – Ikan Hiu Paus atau Whale Shark yang mempunyai nama ilmiah Rhincodon typus, di Pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, tercatat ada 46 ekor.

Hal itu diungkapkan Tour Guide Wisata Hiu Paus Gorontalo Agus Kamba, saat diwawancarai wartawan Read.id, di sela-sela memandu para wisatawan luar daerah, Sabtu (20 Juni 2021).

“Total Hiu Paus yang sudah didata oleh kami sudah sekitar empat puluh enam ekor. Namun, tidak memunculkan diri secara beramai-ramai,” ungkap Agus Kamba.

Kemunculan Hiu Paus itu, kata Agus Kamba, bisa berubah-ubah jumlah di tiap harinya. Seperti beberapa hari yang lalu menurutnya, kurang lebih ada 12 ekor yang muncul di pantai tersebut.

Catatan jumlah kemunculan Hiu Paus di Pantai Botubarani.

“Di tahun 2021 ini, kemunculannya paling banyak 12 ekor. Kalau di tahun-tahun sebelumnya, mereka muncul secara bersamaan hingga dua puluh ekor,” beber Tour Guide asli Gorontalo itu.

Meskipun demikian, terkadang juga, imbuh Agus Kamba, Hiu Paus yang muncul hanya sekitar 2 sampa 3 ekor saja. Bahkan, pernah hanya satu ekor saja yang memunculkan diri.

“Namun, meski begitu, setiap harinya, pasti ada Hiu Paus yang bermunculan di bibir Pantai Botubarani. Sekalipun hanya sedikit,” tandasnya.

(Setiawan/Read)