Ichsan Firdaus Beri Respon, Seriusi Persoalan Banjir di Gorut

Ichsan Firdaus

READ.ID – Anggota Komisi IV DPR-RI Ir. Ichsan Firdaus menyambut baik upaya-upaya dari pemerintah daerah Gorontalo Utara (Gorut), terhadap penyelesaian persoalan pembangunan khususnya dalam hal penanganan banjir di daerah itu.

pahlawan

Hal ini sebagaimana terungkap dalam kegiatan Dialog “KAHMI BICARA” yang dilaksanakan oleh Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD-KAHMI) Gorontalo Utara belum lama ini dengan tema “Gorut Darurat Banjir”.

Dalam kegiatan itu terkuat kendala penanganan banjir di sektor hilir dalam hal normalisasi. Dimana belum adanya respon surat dari pemerintah setempat yang ditujukan kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyangkut keberadaan kawasan mangrove di beberapa segmen sungai.

“Saya kaget ini surat sudah kali ke kedua dikirimkan pemda gorut ke kementerian, namun belum mendapatkan respon, sementara ini rakyat menunggu upaya pemda melakukan normalisasi sungai,” ujar Ketua MD KAHMI Gorontalo Utara Hamzah Sidik.

Surat Permohonan ke KLHK

Surat Permohonan Pemerintah Daerah Gorontalo Utara kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),
menyangkut keberadaan kawasan mangrove di beberapa segmen sungai. (Foto: Istimewa)

Berdasarkan hal itu, kemudian Ketua MD KAHMI Gorut ini lantas menghubungi Anggota Komisi IV DPR-RI Ir. Ichsan Firdaus yang bermitra dengan KLHK untuk meminta bantuan agar surat pemda tersebut mendapatkan balasan dari kementerian.

“Pas saya WA senior saya yang DPR itu, dia langsung Video Call dan sampaikan bahwa hari senin itu beliau ada rapat dengan pihak KLHK termasuk juga nanti hadir Dirjen Planologi. Jadi saya diminta datang ke jakarta dan akan di fasilitasi untuk bertemu sekaligus memaparkan kondisi banjir di gorontalo utara,” jelasnya.

Lanjut kata Hamzah, bahwa rencana pertemuan dengan Dirjen Planologi itu sudah ia sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang langsung direspon dengan meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk mengundang rapat koordinasi instansi-instansi terkait untuk segera merespon darurat banjir di gorontalo utara.

“Alhamdulillah direspon positif dan rencananya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral yang melibatkan banyak pihak diantaranya DLHK Provinsi, BPKH XV, BPDASHL & BWSS II termasuk juga untuk pertemuan dengan Dirjen Planologi nanti, Wakil Bupati berencana ikut,” pungkas Hamzah Sidik.