Ini Manfaat Bendungan Bulango Ulu Dibangun

READ.ID, – Banyak yang belum tahu manfaat dari Bendungan Bulango Ulu, dibangun oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Zulyadi, Kasatker Pembangunan Bendungan Bulango Ulu menjelaskan. Bahwa selain berfungsi untuk pengendalian bencana banjir di Kabupaten Bone Bolango, bendungan tersebut bisa menjadi pembangkit listrik tenaga air, dengan daya 5 Mega Watt.

Tidak hanya itu, bisa membantu pemerintah daerah setempat dalam memproduksi air bersih, sebab memproduksi air baku dengan kapasitas 2,2 meter kubik per detik.

Termasuk mempermudah petani di Kabupaten Bone Bolango, karena air berasal dari bendungan ini bisa mengalir sampai ke beberapa irigasi milik petani.

“Untuk instensitas irigasi sendiri, bisa dilakukan satu hingga tiga kali dengan luas lahan yang bisa dijangkau sebesar 4000 hektar,” ujar Zulyadi.

Dari sisi lain, bendungan yang membentang sampai ke empat desa tersebut, bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bone Bolango. Jika kedepan nanti dilakukan peningkatan baik Pemerintah Provinsi Gorontalo, dengan Kabupaten Bone Bolango.

Jauh sebelumnya tambah Zulyadi, ada beberapa tahapan sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, dinas terkait dan isntansi vertikal lainnya.

Seperti perencanaan yang telah dikerjakan oleh konsultan, yang hasilnya telah melahirikan berapa luas lahan bendungan dan berapa banyak lahan warga terkena dampak dari pembangunan tersebut.

“Untuk penetapan lokasi sendiri, itu dari pihak Balai Sungai yang menetapkannya dan menyampaikan kepada Gubernur Gorontalo,” terang Zulyadi.

Lahan yang terkena dampak, Nama-nama pemiliknya hingga tanaman milik warga yang ternak dampak sudah dilakukan pendataan.

Sekarang ini proses itu sudah sampai pada tahap pelaksanaan konsultasi publik, antara pelaksana dengan masyarakat pemilik lahan.

Tujuannya dari konsultasi publik ini, menyamakan persepsi dan menyepakati bersama atas pembangunan bendungan tersebut, sekaligus masyarakat bersepakat atas lahan mereka yang terkena dampak.

“Hasil dari konsultasi publik ini, kedepannya akan diumumkan oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. Setelah itu, barulah masuk pada tahap baru yakni proses pengadaan, dimana akan dibentuk lagi tim baru untuk melaksanakan pengadaan,” ungkap Zulyadi.

Proyek kegiatan infrastruktur ini, juga merupakan bagian dari proyek strategi Nasional yang masuk dalam program Nawa Cita Pemerintah Republik Indonesia.

“Pembangunan Bendungan Bulango Ulu ini masuk dalam deretan 49 bendung di tahun ini, di Gorontalo sendiri ada sembilan satu diantaranya ada di Kabupaten Bone Bolango,” tutur Zulyadi.

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.