Inovasi Mahasiswa KKN UNG, Optimalkan Pelayanan Publik Melalui E-Government

READ.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik II Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang ditempatkan di Kelurahan Molosipat W, Kecamatan Kota Barat, berupaya menghadirkan terobosan baru dalam pelayanan publik melalui penerapan sistem pemerintahan elektronik (e-government). Upaya tersebut diwujudkan melalui kegiatan sosialisasi program kerja bertema “Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Pemerintahan Elektronik” yang dilaksanakan, Senin (15/09).

Ketua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Jamal Darusalam Giu, menuturkan, inovasi ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di tingkat kelurahan, khususnya melalui pembuatan website pelayanan yang memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai surat permohonan, sekaligus membantu pihak kelurahan dalam proses pengarsipan data.

“Website yang dirancang mahasiswa KKN Molosipat W diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam pengajuan permohonan pembuatan surat, sekaligus memudahkan kelurahan dalam pengarsipan dokumen,” ujarnya.

Kehadiran sistem pelayanan berbasis elektronik ini, merupakan inovasi yang bermanfaat untuk mendukung pelayanan yang lebih cepat, transparan, dan akuntabel. Tentunya dengan kegiatan pengabdian, mahasiswa ingin menghadirkan inovasi yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus mempermudah aparatur kelurahan dalam melaksanakan tugas administratifnya.

Koordinator Kelurahan KKN, Dwi Moha juga mengungkapkan, bahwa melalui rangkaian kegiatan ini, mahasiswa KKN Molosipat W berharap program ini dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di kelurahan.

“Besar harapan kami, melalui program ini dapat tercipta pelayanan publik yang lebih efektif, efisien, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Terima kasih atas perhatian, dukungan, dan partisipasi Bapak/Ibu sekalian,” harap Dwi.

Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Molosipat W, Guntur, memberikan apresiasi terhadap program yang dilaksanakan mahasiswa. Kehadiran sistem pelayanan berbasis elektronik ini dinilai sangat membantu, terlebih mayoritas masyarakat Molosipat W adalah merupakan lansia.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version