Irwan Mamesah : Warga Desa Toto Utara Minta Kuota Pupuk Bersubsidi di Tambah

Kuota Pupuk Bersubsidi

READ.ID – Berbagai macam aspirasi disampaikan masyarakat Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, kepada anggota DPRD Provinsi Gorontalo Irwan Mamesah.

Aspirasi itu terungkap, pada kegiatan reses masa persidangan pertama tahun 2021, Senin (15/11/2021).

Irwan Mamesah mengungkapkan, aspirasi tersebut, mulai dari permintaan kuota pupuk bersubsidi, pelebaran jalan, perbaikan Plat Duiker, serta bantuan beasiswa.

Menurut Irwan Mamesah, mengingat sebagian besar masyarakat Desa Toto Utara berprofesi sebagai petani, maka kebutuhan akan pupuk bersubsidi sangat penting.

Terlebih, masyarakat mengeluhkan adanya pembatasan kuota pupuk bersubsidi di masing-masing wilayah kabupaten/kota berbeda-beda.

“Tidak hanya itu, para petani ini pun juga mengeluhkan soal biaya produksi dan hasil panen tidak seimbang”, jelas politisi PKS ini.

Menindaklanjuti hal ini, Irwan Mamesah mengatakan, pihaknya akan mendorong pemerintah pusat untuk menambah kuota pupuk tersebut.

Mengingat, kuota pupuk bersubsidi dimasing-masing daerah, telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian.

“Nah, untuk bisa menambah kuota pupuk bersubsidi ini, dapat menjadi tugas kepala daerah untuk mengkoordinasikan kepada pihak Kementerian Pertanian, agar kuota tersebut bertambah”, tambah Irwan Mamesah.

Jika hal ini sulit dilakukan, kata Irwan, maka pihaknya meminta kepada pemerintah daerah, untuk menambah anggaran untuk mensubsidi pupuk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, menyangkut aspirasi pelebaran jalan di Desa Toto Utara ini, Irwan Mamesah menegaskan, akan melakukan koordinasi dengan pihak PUPR Provinsi Gorontalo, agar dapat ditindaklanjuti.

“Intinya, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat akan di Komunikasikan dengan pihak terkait, untuk ditindaklanjuti”, tandasnya. (Rinto/Read)