Ismail Madjid : Pelaksanaan Program Tanda Tangan Elektronik Mudahkan Pelayanan Pemerintahan di Kota Gorontalo

Tanda Tangan Elektronik

READ.ID– Pemerintah Kota Gorontalo memberikan apresiasi terhadap dilaksanakannya kegiatan sosiliasasi tanda tangan elektronik, dengan tujuan adanya pelayanan yang semakin cepat dan aman di lingkungan pemerintahan. Hal ini disampaikan Sekretaris Kota Gorontalo Ismail Madjid, Selasa (22/11/2022).

Ismail Madjid mengatakan, tanda tangan elektronik adalah salah satu bentuk implementasi dari peraturan presiden, yang artinya bahwa legitimasi ataupun keabsahan sebuah dokumen pemerintahan tidak lagi terhambat dengan prosedur, paraf koordinasi, tempat dan waktu.

Misalnya, kata Ismail, apabila dirinya sedang berada diluar kota, namun terdapat dokumen yang penting dan harus ditandatangan segera, maka dirinya cukup membuka hp dan memastikan bahwa dokumen itu telah benar, dan selanjutnya tinggal membubuhkan tandatangan dengan memasukan kode unik (enkripsi) khusus (bersifat rahasia). Juga memiliki biometrik kode tersebut.

“Sehingga, dalam waktu satu menit dokumen tersebut telah resmi dan sah ditandatangi secara elektronik”, ungkap Ismail Madjid.

Pihaknya mengakui, jika hal ini membutuhkan dukungan dari semua pihak. Serta dibutuhkan integrasi untuk membuat ekosistem ini bekerja.

Ismail pun menambahkan, melalui dinas komunikasi informatika dan persandian yang berperan sebagai leadingsector, diperlukan perubahan-perubahan mendasar dalam pelaksanaannya.

Pihaknya menjelaskan, ekosistem teknologi informasi pada skala mikro dibangun dari tiga hal utama. Yakni Hardware, Software, dan Brainware. Begitupula, kata Ismail, pada ekosistem makro, yakni infrastruktur, sistem dan operator.

“Saya berharap, semua pihak dapat mendukung program pelaksanaan ini, sehingga pada awal tahun 2023, seluruh OPD di lingkungan pemerintah Kota Gorontalo telah menggunakan tanda tangan elektronik, dan jangan sampai tertinggal dengan daerah lain”, pesan Ismail Madjid.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60