Bupati Pohuwato Genjot Peningkatan Kualitas SDM

READ.ID – Bupati Kabupaten Pohuwato Saipul Mbuinga, menggenjot peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), guna menjaga kesuburan sumber daya alam (SDA) di daerah.

Hal itu Bupati Saipul Mbuinga lakukan, dengan menandatangani kerja sama dengan pihak Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan) Malang, didampingi Pltm Kadis Pertanian Ikbar AT. Salam, Kabag Tapem Heriyanto Uwete serta unsur Baperlitbang Rozlan Tawaa, yang berlangsung di Sanana Giri Sabha, Polbangtan Malang, Jawa Timur, Kamis (24/06/2021).

Saipul Mbuinga menyampaikan, kerja sama tersebut dalam rangka peningkatan serta pengembangan SDM di daerah, terutama dalam bidang pendidikan pertanian dan peternakan.

“Pemerintahan hari ini sangat serius dalam hal peningkatan SDM, jika SDM kita kuat bukan tidak mungkin daerah kita akan lebih maju, kita memiliki SDA yang baik tentu harus diimbangi dengan ketersediaan SDM, olehnya kita tidak bisa berhenti untuk manyiapkan SDM yang akan menopang SDA Pohuwato,” ungkap Saipul.

Selanjutnya, Saipul Menjelaskan, pemerintah kabupaten sangat memperhatikan pengembangan SDM khususnya di bidang pertanian, hal ini dilakukan guna membantu peningkatan sumber daya alam dan sumber pendapatan petani dan hal ini harus menjadi rule model oleh daerah lain.

Dirinya mengungkapkan, kerja sama tersebut mendapatakan dukungan baik dari Direktur Polbangtan Malang Dr. Setya Budi Udrayana, serta juga memperoleh apresiasi besar dari Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

“Pemkab Pohuwato, mendapatkan peluang untuk mengembangkan SDM bagi ASN maupun P3K untuk melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa oleh pihak kampus, bukan hanya itu, peluang ini pula diberikan kepada anak petani berprestasi untuk melanjutkan studi di kampus ini (Polbangtan) dan dibiayai oleh kampus tersebut dengan full proteksi,” pungkasnya.

Kerja sama yang ditandatangani oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Direktur Polbangtan, Malang, Dr. Setya Budi Udrayana tersebut, turut disaksikan oleh Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr selaku Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

(JK/Read)