Jurusan Farmasi UNG Gelar Workshop Nasional Nano Liposome

Workshop Nano Liposome

READ.ID – Workshop nasional nano liposome dari jurusan Farmasi FOK Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berlangsung selama 1 hari penuh 9 Desember 2021 bertempat dihotel Maqna.

Dalam workshop nano liposome ini peserta diberikan teori dan praktek cara memformulasikan liposome sebagai sistem penghantaran obat targeting pada sel kanker dan virus.

Ketua panitia kegiatan ini sekaligus sebagai pemateri kedua dalam acara workshop ini, Robert Tungadi mengatakan dalam kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari dosen akademisi yaitu UMP, UNG, Poltekes Gorontalo dan Poltekes Manado dimana peserta dilatih agar mampu memformulasikan liposome dengan baik dan benar menggunakan metode yang sesuai (Foto 1).

Disamping itu juga acara workshop ini disponsori oleh PT. Horiba Indonesai dan CV. Intralab Trading Mandiri yang mempunyai andil dalam menyukseskan acara ini.

“Tujuan diadakannya workshop nasional ini untuk mengembangkan sistem penghantaran obat targeting khususnya liposome baik dari segi formulasi dan aplikasinya di klinik. Para peserta diharapkan dapat memberikan manfaat pada mahasiswa dan dosen dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat,” ungkap Robert Tungadi.

Ia berharap kedepdan dapat dikembangkan teknologi nano di kawasan Indonesia Timur khususnya di Farmasi UNG, sebagai pusat riset nanoteknologi kawasan Indonesia Timur agar mampu menjalin kerjasama atau berkolaborasi dengan universitas lain bersama-sama mengembangkan nanoteknologi.