Kapal Ternak ASDP Akan Layani Rute Gorontalo

READ.ID,- PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang mengoperasikan kapal angkutan ternak milik pemerintah direncanakan akan melayani rute Gorontalo. Hal itu terungkap pada Rapat koordinasi persiapan Tol Laut Angkutan Ternak, di ruang kerja Sekdaprov Gorontalo, Senin (1/4/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro mengatakan, secara nasional Kementerian Perhubungan memilik program Tol Laut. Tol Laut ini bertujuan untuk mempermudah pengiriman komoditas termasuk ternak.

“Setelah kemarin kami mengikuti pembahasan  untuk angkutan perintis dan Tol Laut, kami melihat bahwa secara nasional ada peluang untuk Gorontalo dapat dilayani kalau kita mampu mejamin 50 persen dari kapasitas kapal. Setelah rapat tersebut pak pak Gubernur langsung menyurat ke Direktur Jenderal Perhubungan, Alhamdulillah Dirjen memberikan respon positif, sehingga hari ini kami mengadakan rapat dengan para SKPD terkait dan General Manager PT ASDP  Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya sekaligus mewakili Kementerian Perhubungan,” kata Jamal.

Jamal menyebutkan, kapal ternak yang dioperasikan perseroan memiliki banyak Kelebihan. Yang pertama tarif disubsidi hingga minimal setengah dari tarif yang berlaku saat ini. Kedua, kapal ini sudah standar internasional, jadi di dalam kapal sudah ada kandang, makanan serta di dalam kapal juga sudah di fasilitasi dengan dokter hewan serta memiliki asuransi.

“Disamping fasilitasnya yang terjamin, kapasitas kapal sendiri bisa menampung 500 ekor dan 150 ton barang dan kapal ini bisa lebih cepat karena sudah tidak singgah lagi. Misalkan tujuannya Gorontalo – Balikpapan ya langsung Balikpapan,” ujar Jamal

Sementara itu, untuk pengaturan waktu kapalnya beroperasi menunggu kesepakatan dari pusat berapa lama kapal ini singgah di Gorontalo.

“Kapal ternak singgah tergantung kesiapan pengumpul ternak, semakin cepat ternaknya terkumpul maka kapalnya pun cepat sampai di Gorontalo,” imbuh Jamal.

Terkait dengan hal itu Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, menginstrusikan kepada para SKPD terkait dapat memaksimalkan peluang ini karena menurutnya peluang ini sangat baik untuk memberi nilai tambah untuk para peternak di Gorontalo.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.