Kepala BPBD Imbau Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Kekeringan

READ.ID,- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Sumarwoto mengimbau pihaknya untuk siap siaga dalam menghadapi bencana kekeringan. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam acara Talkshow di RRI Gorontalo, Selasa, (09/07/2019).

“Saya mengimbau kepada jajaran BPBD kabupaten/kota agar melakukan koordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, pekerjaan Umum, Balai wilayah Sungai, Perusahaan Daerah Air Minum, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memantau lahan-lahan kritis dan daerah yang rawan kekeringan”, ujar Sumarwoto yang didampingi Kordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, M Nurhuda dan Iryanto.

Sumarwoto juga berharap BPBD menyiapkan tangki air untuk antisipasi masyarakat yang membutuhkan air bersih jika bencana ini terjadi.

Sementara itu, Kepala BMKG Gorontalo M Nurhuda menjelaskan, sejak akhir Juni, Gorontalo telah memasuki musim kemarau hingga awal September nanti. Olehnya, sinergitas antar OPD dalam menghadapi musim kemarau ini terutama masalah pertanian dan ancaman kebakaran hutan serta ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan.

Dialog interaktif ini juga ditanggapi oleh masyarakat pendengar siaran RRI di seluruh Provinsi Gorontalo.****

Berita terkait lainnya